UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI MI SARANG MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sumiyatun, NIM.: 09481158 (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI MI SARANG MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI MI SARANG MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI MI SARANG MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah perlunya pembaharuan dalam peningkatan kreativitas guru dalam pembelajaran mata pelajaran IPS di MI sebagai respon melemahnya motivasi belajar siswa dan rendahnya prestasi belajar IPS. Dalam pembelajaran guru menggunakan pendekatan pembelajaran teacher centered, dan penyampaian guru yang monoton. Maka perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPS dan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI setelah strategi itu diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Miftahul Ulum Sarang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, evaluasi dan analisisnya melalui deskripsi dalam bentuk kata – kata . Pengembangan program didasarkan dari data – data informasi dari siswa, guru, melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas dengan urutan kegiatan penelitian mencakup : (1)perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran IPS dalam tiga siklus secara keseluruhan terjadi perubahan motivasi belajar yaitu siklus I 92,5%, siklus II 89,4% dan siklus III 92,8%. 2) Peningkatan prestasi belajar dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada siklus I hasilnya 85,7 pada siklus II 85 dan siklus III 87,5. Dengan demikian meskipun pada siklus II menurun hasil tetap dalam kategori tinggi dan di atas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Inkuri Terbimbimg, Motivasi dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 14:22
Last Modified: 29 Nov 2022 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum