PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SARANG BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Siti Duriyah, NIM.: 09481159 (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SARANG BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SARANG BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SARANG BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kalijaga Yogyakarta, 2011. Latar belakang masalah ini adalah perlunya peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada aspek membaca masih banyak siswa yangbelum mencapai ketuntasan belajar siswa (KKM). Dalam pembelajaran guru menggunakan pendekatan pembelajaran teacher centered, dan penyampaian guru yang monoton. Maka perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk meningkatkan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada aspek membaca. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Miftahul Ulum Sarang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, evaluasi dan analisisnya melalui deskripsi dalam bentuk kata – kata . Pengembangan program didasarkan dari data – data informasi dari siswa, guru, melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas dengan urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan metode Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisons (STAD) Kelas II MI Mifathul Ulum Sarang Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, dari pra siklus siswa yang mencapai KKM dalam aspek membaca sebesar 40% dengan kategori sedang, pada siklus I yang mencapai KKM 55,56 % dengan kategori sedang dan pada siklus II 78,94 % dengan kategori tinggi. Selain itu, keaktifan dalam bekerjasam siswa juga mengalami peningkatan dari pra siklus keaktifan siswa 27, 78 % dengan kategori rendah, siklus I 60 % dengan kategori sedang, dan siklus II mencapai 90 % dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Kholil, SS. M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Siswa
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 14:24
Last Modified: 29 Nov 2022 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum