PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA MATERI BILANGAN PRIMA, KPK, DAN FPB DI KELAS V MI MA’ARIF SAMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Uswatun Hasanah, NIM.: 09481161 (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA MATERI BILANGAN PRIMA, KPK, DAN FPB DI KELAS V MI MA’ARIF SAMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA MATERI BILANGAN PRIMA, KPK, DAN FPB DI KELAS V MI MA’ARIF SAMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA MATERI BILANGAN PRIMA, KPK, DAN FPB DI KELAS V MI MA’ARIF SAMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Matematika pada kelas V MI Ma’arif Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul ini masih kurang efektif serta masih berorientasi pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi dengan segudang informasi. Hal ini disebabkan karena metode yagn dipakai oleh guru selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipasi dari siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi Peer Teaching dalam pembelajaran Matematika dan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa kelas V setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik tianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: strategi Peer Teaching efektif digunakan pada pembelajaran Matematika khususnya siswa kelas V MI Ma’arif Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, dan rasa ingin tahu, terbuka pada teman, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, antusiasme dalam mengerjakan tugas, perhatian, kemauan bertanya, dan mengemukakan pendapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui model pembelajan aktif tipe Peer Teaching, telah dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai ketuntasan siswa (skala 1-100) pada siklus I sebesar 71,80 kemudian pada siklus II naik menjadi 89,6. Pada aspek persentase siswa tuntas, pada siklus I mencapai 71,42% sedangkan pada siklus II naik menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Peer Teaching dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarmi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif Tipe Peer Teaching, Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 14:28
Last Modified: 29 Nov 2022 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum