PERAN ULAMA MERESPON KASUS KEHAMILAN PRANIKAH (STUDI KASUS: FENOMENA MASYARAKAT KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO, YOGYAKARTA)

R. Achmad Rifai, NIM.: 08540003 (2012) PERAN ULAMA MERESPON KASUS KEHAMILAN PRANIKAH (STUDI KASUS: FENOMENA MASYARAKAT KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ULAMA MERESPON KASUS KEHAMILAN PRANIKAH (Studi Kasus: Fenomena Masyarakat Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ULAMA MERESPON KASUS KEHAMILAN PRANIKAH (Studi Kasus: Fenomena Masyarakat Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran sosial yang dilakukan ulama dalam masyarakat. Pengertian ulama dalam penelitian ini adalah orang yang mengerti akan ilmu-ilmu agama, misalnya guru agama atau guru ngaji. Ulama di sini menunjuk pada sosok orang yang memberikan nilai-nilai agama kepada masyarakat pedesaan. Masjid, langgar, atau rumah-rumah warga menjadi tempat berdakwah mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Ulama Merespon Kasus Kehamilan Pra-Nikah. Mencoba melihat fenomena yang terjadi dimasyarakat yakni maraknya remaja yang hamil pra-nikah dan melihat kiprah seorang ulama di Kecamatan Girimulyo dalam merespon kasus ini. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Girimulyo dimana 75 persen daerahnya merupakan pegunungan atau kemiringan. Daerah pedesaan notabene merupakan daerah yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai kegotongroyongan dan kepedulian sosial, akan tetapi kini hal itu mulai luntur seiring perubahan zaman. Masyarakat pedesaan mulai mengarah pada pandangan individualisme dan matrealisme serta bersikap permisif terhadap perilaku remaja yang menyimpang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan analisis diskriptif, yakni menggambarkan keadaan yang sebenarnya dan melakukan analisis secara mendalam. Dengan menggunakan teori struktural fungsional untuk lebih mendalami permasalahan dalam masyarakat setempat. Dimana dalam pendekatan struktural fungsional ialah dengan melihat peran masing-masing elemen masyarakat dan fungsinya dalam stabilitasi kehidupan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam 1 tahun sekitar 7 persen dari catin (calon pengantin) sudah hamil terlebih dahulu. Kebanyakan remaja yang telah hamil adalah usia sekolah antara SMP atau SMA/sederajat. Dalam penelitian ini menitikberatkan kepada ulama sebagai penjaga nilai berperan mengatasi hal demikian. Hal ini terjadi karena setiap elemen tidak mampu memainkan perannya dengan baik, dan khususnya ulama nilai kharismatiknya mulai menurun seiring perkembangan zaman sehingga tutur katanya kurang disegani oleh masyarakat. Keberadaan ulama masih dibutuhkan masyarakat. Pada dasarnya posisi ulama dalam masyarakat menjadikannya dihormati dan disegani. Akan tetapi ulama dalam penelitian ini disegani hanya dalam hal-hal tertentu, diantaranya dalam memimpin jamaah dalam beribadah kepada Tuhan, disegani dalam penanganan jenazah dan lain sebagainya. Ketika dalam masalah-masalah sosial ulama kampung tidak begitu terlihat peranannya. Inilah yang menjadi nilai penghormatan dan ketaatan kepada ulama mulai menurun. Ulama dituntut menjadi pribadi yang lebih mengerti tentang agama namun juga paham akan permasalahan dunia sesuai perkembangan zaman. Termasuk didalamnya berperan dalam penyelesaian masalah-masalah sosial yang semakin kompleks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Munawar Ahmad, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Ulama , Kehamilan, Pranikah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:23
Last Modified: 30 Nov 2022 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum