PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA (SAINS) MATERI POKOK TUMBUHAN HIJAU BAGI PESERTA DIDIK KELAS VB MI NEGERI SIDANEGARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Akhmad Istihadi, NIM.: 09480002-M (2012) PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA (SAINS) MATERI POKOK TUMBUHAN HIJAU BAGI PESERTA DIDIK KELAS VB MI NEGERI SIDANEGARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA (SAINS) MATERI POKOK TUMBUHAN HIJAU BAGI PESERTA DIDIK KELAS VB MI NEGERI SIDANEGARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA (SAINS) MATERI POKOK TUMBUHAN HIJAU BAGI PESERTA DIDIK KELAS VB MI NEGERI SIDANEGARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian adalah Permasalahan yang dihadapi peserta didik di MIN Sidanegara Kabupaten Cilacap adalah hasil belajar IPA yang belum tuntas yakni belum mencapai angka minimal daya serap 65% yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan hasil belajar siswa tersebut dengan menerapkan Quantum Learning pada pembelajaran IPA (Sains). Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas tiga siklus, di mana tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VB MIN Sidanegara Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari 17 peserta didik. Indikator keberhasilan adalah nilai peserta didik secara individu 65 dan secara klasikal 85% dari semua peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah hasil observasi, angket, dan penerapkan Quantum Learning. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah hasil belajar siswa yang diambil dengan memberikan tes kepada peserta didik berupa soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban (option) yang berjumlah 20 soal di setiap akhir siklus. Hasil penelitian: Pada Siklus I, peserta didik yang tuntas belajar klasikal 10 peserta didik (58,82%) dan yang tidak tuntas 7 peserta didik (41,18%) rata-rata kelas 63,18. Pada Siklus II, peserta didik yang tuntas belajar klasikal 14 peserta didik (82,35%) dan yang tidak tuntas belajar 3 peserta didik (17,65%) rata-rata kelas 75,41. dan pada Siklus III, peserta didik yang tuntas belajar klasikal 17 peserta didik (100%) dengan rata-rata kelas 81,53. Karena sudah memenuhi target yang diharapkan, maka proses penelitian dihentikan pada siklus ke tiga. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Penerapan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA (Sains) Materi Pokok Tumbuhan Hijau Bagi Siswa Kelas VB MI Negeri Sidanegara Kabupaten Cilacap. Saran yang dapat diajukan adalah para guru dalam melaksanakan pembelajaran juga diharapkan menggunakan penerapan Quantum Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Hasil Belajar, IPA, Sains.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Tanaman
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:47
Last Modified: 30 Nov 2022 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum