PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME)

Alfin Siregar, NIM.: 07410315 (2012) PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa terhadap pokok pemikiran filsafat pendidikan rekonstruksionisme tentang konsep pendidikan berbasis masyarakat. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa gelombang arus globalisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi industri dan komunikasi yang semakin cepat telah memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan masyarakat. Disatu sisi kemajuan tersebut mempermudah ruang gerak seseorang dalam beraktivitas namun, disisi lain globalisasi juga memunculkan kekurang menentuannya pola kehidupan di masyarakat akibat dari futuasi global yang sulit diprediksi. Untuk merespon tantangan seperti itu maka peran pendidikan dianggap mempunyai andil yang sangat besar dalam membentuk kebudayaan masyarakat. oleh karena itu pendidikan berbasis masyarakat menjadi tawaran sekaligus sarana yang dapat membantu pendidikan formal pada umumnya untuk benar-benar bersinergi dengan masyarakat. jika ditinjau lebih lanjut hal ini memiliki kesepakatan pola pikir yang sekilas sama dengan faham filsafat pendidikan rekonstruksionisme dalam hubungan antara pendidikan dan masyarakat sebagai penyelaras kehidupan modern. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis-filosofis. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui metode dokumentasi dan wawancara baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik makna dan kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : a) pendidikan berbasis masyarakat adalah sebuah konsep pendidikan yang bertumpu pada Dari masyarakat, Oleh masyarakat, dan Untuk masyarakat” Dari masyarakat, Oleh masyarakat, dan Untuk masyarakat” dimana masyarakat menjadi pusat kajian dalam pendidikan b). pandangan filsafat pendidikan rekonstuksionisme terhadap pendidikan pendidikan berbasisi masyarakat memiliki implikasi sebagai berikut: pertama, pendidikan sebagai social constraction. kedua,demokratisasi pendidikan. ketiga,membentuk civil society. Keempat, afirmasi budaya. Kelima,pengakuan terhadap potensi peserta didik. Keenam,kurikilum yang fleksibel. c). Islam menilai bahwa keberadaan dari pendidikan berbasis masyarakat merupakan sebuah niscaya yang harus dilestarikan karena pada hakekat kemunculannya pendidikan berbasis masyarakat memuat pesan-pesan yang tersirat dalam ajaran islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Filsafat Pendidikan, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Rekonstruksionisme
Subjects: Pendidikan > Filsafat Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:57
Last Modified: 30 Nov 2022 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum