MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMA N 3 YOGYAKARTA

Ali Mustaqim, NIM.: 07410280 (2012) MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMA N 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMA N 3 YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMA N 3 YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

pendidikan agama islam dengan pendidikan umum yang kebayakan masyarakat menganggap pendidikan umum adalah pendidikan yang moderen dan pendidikan agama adalah pendidikan tradisional. Kedua, adanya kurikulum yang menjadi standar sekolah bertaraf internasional adalah matapelajaran umum saja seperti matematika, ekonomi, bahasa inggris dll. Yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana model pendidikan agama islam yang diterapkan pada rintisan sekolah bertaraf internasional di SMA N 3 Yogyakarta, dan bagaimana materi, metode dan media pendidikan agama islam yang diimplementasikan di SMA N 3 yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model pendidikan agama islam di sekolah yang mempunyai lebel rintisan sekolah bertaraf internasional, serta mengetahui bagaimana materi, model, dan media yang di aplikasikan pada rintisan sekolah bertaraf internasional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah kasanah keilmuan dalam pendidikan dan memberi pemahaman kepada pendidika agama islam tentang model pendidikan agama islam yang berada di rintisan sekolah bertaraf internasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA N 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakuakan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif non statistik, yaitu menganilisis data yang digambarkan dengan kata-kata menguraikan, serta mengadakan penafsiran data-data yang diperoleh. Jika dilihat dari segi tinjaunnya termasuk penelitian exsploratif, karena dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk menemukan masalah-masalah baru yang selanjutnya dibahas dan diselidiki secara cermat melalui kegiatan penelitian Hasil penelitian menunjukan bahwa model pendidikan agama islam yang di implementasikan di SMA N 3 Yogyakarta adalah model pendidikan agama islam yang membebaskan dan model pendidikan berkarakter. Dilihat dari segi programnya, ada tiga program: pertama, Program intrakurikuler, kedua, Program ekstrakurikuler, ketiga, Program pendidikan agama islam berbasis afeksi. Materi pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. SMA N 3 Yogyakarta Menggunakan metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode dan metode pemberian tugas. Sedangkan Media yang digunakan dalam pendidikan agama islam lebih sering mengunakan media power point.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran PAI, Kurikulum Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:00
Last Modified: 30 Nov 2022 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55288

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum