MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DI MAN MAGUWOHARJO (STUDI KASUS PADA SISWA TUNANETRA)

Amin Ngaziz Aljawawi, NIM.: 07420001 (2012) MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DI MAN MAGUWOHARJO (STUDI KASUS PADA SISWA TUNANETRA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DI MAN MAGUWOHARJO (STUDI KASUS PADA SISWA TUNANETRA))
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DI MAN MAGUWOHARJO (STUDI KASUS PADA SISWA TUNANETRA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media audio, juga minat belajar siswa tunanetra terhadap penggunaan media audio dalam pembelajaran bahasa Arab yang mengambil latar MAN Maguwoharjo. Populasi penelitian adalah siswa tunanetra kelas XII yang berjumlah 7 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan teknik studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio yang dilaksanakan pada siswa tunanetra di kelas XII MAN Maguwoharjo, cukup berjalan dengan optimal. Interaksi antara guru dengan siswa tunanetra berjalan dengan baik. Tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan metode pembelajaran yang mampu diterapkan dengan baik. Media audio yang digunakan kurang begitu mengena pada siswa tunanetra. Hal ini disebabkan karena media audio yang digunakan tergolong sederhana. Suara yang dihasilkan tidak dapat menjangkau indera pendengaran siswa tunaanetra, terutama yang duduk dibelakang. Minat siswa tunanetra terhadap pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio tergolong dalam kategori rendah. Hal ini dibuktikan dengan angket minat siswa. Kemampuan dalam memusatkan perhatian, keingintahuan, motivasi dan kebutuhan siswa tunanetra yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio berada dalam kategori rendah yaitu 57,143%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Siswa Tunanetra, Media Audio
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:04
Last Modified: 30 Nov 2022 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum