PERAN PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) DALAM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI MAHASISWA DIFABEL FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Amri Evianti, NIM.: 08410002 (2012) PERAN PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) DALAM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI MAHASISWA DIFABEL FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) DALAM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI MAHASISWA DIFABEL FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) DALAM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI MAHASISWA DIFABEL FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih dalam terhadap Pusat Studi dan Layanan Difabel dalam pendidikan inklusi. Apa saja peran PSLD kepada mahasiswa difabel Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. penelitian inijuga bertujuan agar pendidik atau dalam hal ini dosen dapat memberikan perhatian kepada mahasiswa difabel yang minoritas keberadaannya, baik dari segi strategi atau pun pengembangan kurikulum. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan, seperti lingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan dan lembaga pemerintahan. Analisis data dilakukan setelah data terkumpul data akan dianalisis dengan proses pengorganisasian dan megurutkan data dalam pola, kategori dan satuan uaraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja yang disarankan oleh data dan uji keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi data yakni pengecekan data dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, serta membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UIN Sunan Kalijaga melalui PSLD menggunakan model pendidikan inklusi penuh, di mana mahasiswa difabel belajar bersama dengan mahasiswa normal tanpa ada perbedaan kurikulum. Peran PSLD terhadap mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan sangat tinggi, diantaranya PSLD berperan sebagai ruang mahasiswa belajar lebih mendalam lagi di kampus, apa yang tidak bisa diberikan fakultas terhadap kenyamanan belajar, mahasiswa difabel mendapatkannya di Pusat Studi dan Layanana Difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Pusat Studi Dan Layanan Difabel (PSLD), Mahasiswa Difabel
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:07
Last Modified: 30 Nov 2022 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum