IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI TERORISME DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 3 YOGYAKARTA

Anas Rulloh, NIM.: 07410276 (2012) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI TERORISME DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI TERORISME DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 3 YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI TERORISME DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 3 YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Kekerasan dalam bentuk apapun dan dengan dalih apapun harus dihindari dan diberantas. Sikap terorisme adalah musuh bersama umat beragama dan masyarakat berbangsa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Implementasi nilai-nilai anti terorisme dalam pembelajaran PAI Di SMA N 3 Yogyakarta, apa saja nilai-nilai anti terorisme dan penerapan nilai-nilai anti terorisme yang dalam pembelajaran PAI Di SMA N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA N 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil di Simpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan : 1) Nilai-nilai Anti terorisme dalam Pembelajaran PAI DI SMA N 3 Yogyakarta yaitu, membangun kerukunan, mempererat perdamaian,Menerapkan Sikap Toleransi, Menjalin Persantuan dan Kesatuan, Menguatkan Ukhuwah Islamiyah, Menanamkan Apreasi terhadap Keberagaman / Pluralitas, Saling Menghargai, mengembangkan sikap empati sosial, Membangun Kecerdasan Moral 2) Implementasi nilai-nilai anti terorisme dalam pembelajaran PAI Di SMA N 3 Yogyakarta dengan metode pembelajaran intrakulikuler yang diajarkan langsung melalui kurikulum nasional. dan memberikan pembelajaran agama islam dengan memasukkan unsur nilai-nilai anti-anti terorisme dalam pembelajarannya. Suasana lingkungan SMA N 3 Yogyakarta sebagai pembentuk karakter Anti Terorisme Sebagai sekolah negeri, siswa dan siswinya berasal dari latar belakang keagamaan yang sangat bervariasi. Sehingga pengamalan tentang toleransi dan kerukunan umat beragama dapat dilihat secara langsung dari tingkat pergaulan mereka di sekolah.Teman satu kelas, bahkan teman sebangku belum tentu orang yang satu keyakinan. Sehingga, nilai kemanusiaan sebagaimana diajarkan dalam Islam tidak hanya dibakukan dalam ingatan para siswanya, melainkan juga dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Nilai Anti Terorisme, Toleransi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:14
Last Modified: 30 Nov 2022 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum