SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT YUSUF AL QARDHAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Ani Fatikhah, NIM.: 07410212 (2012) SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT YUSUF AL QARDHAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT YUSUF AL QARDHAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT YUSUF AL QARDHAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya krisis konseptual dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia hingga memunculkan dikotomik. Hal tersebut terjadi dikarenakan semakin kuatnya jurang pemisah antara yang ideal dengan yang riil, antara moral dan tindakan, dan antara landasan teoritis dengan aktivitas praktis. Padahal konsep pendidikan dalam pandangan Islam tidak mengenal dikotomi keilmuan, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Namun, kenyataannya masih terdapat sebagian orang memahami ilmu pengetahuan secara dikotomik. Pemahaman seperti inilah yang memberikan pengaruh besar terhadap praktek sistem pendidikan Islam di Indonesia. Pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pendidikan Islam menurut Yusuf al Qardhawi dan bagaimana relevansinya pada sistem pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Sistem Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Yusuf al Qardhawi serta sejauh mana Relevansinya terhadap Sistem Pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk melengkapi referensi kepustakaan bagi para pembaca maupun praktisi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang termasuk library research dengan pendekatan historis-filosofis. Pengumpulan data melalui studi pustaka, yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan content analysis. Lalu, proses penyimpulannya menggunakan pola berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sistem pendidikan Islam menurut Yusuf al Qardhawi adalah komprehensip dan universal, menekankan dan mementingkan semua sisi kehidupan dan berusaha untuk mewujudkan semua itu. Hal ini karena pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya, baik akal maupun hatinya, rohani maupun jasmaninya, dan akhlak maupun tingkah lakunya. (2) Tujuan pendidikan Islam yang ingin dicapai oleh Qardhawi adalah membentuk manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, mempunyai tauhid yang kokoh sebagai landasan dan mampu menyesuaikan diri dalam kehidupan masyarakat. (3) Qardhawi menekankan agar kurikulum dipadukan antara kurikulum pendidikan agama dan kurikulum pendidikan umum sedangkan penekanannya yaitu pada materi tauhid, ilmu Al-Qur’an, materi alam semesta dan penguasaan bahasa asing. (4) Metode pendidikan Islam yang ditawarkan Qardhawi diantaranya metode ceramah, diskusi dan pendekatan diri, hafalan dan pemahaman, bacaan yang diulang-ulang, dan nyanyian-nyanyian dengan kata-kata. (5) Relevansi sistem pendidikan Islam Yusuf al Qardhawi adalah menjadikan tauhid sebagai landasan dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia, melalui pendidikan Islam diharapkan dapat membentuk manusia seutuhnya yang siap mengarungi kehidupan dunia akhirat, memadukan kurikulum agama dan umum, menekankan untuk mempelajari bahasa asing. Kemudian sistem pendidikan Islam harus diarahkan pada pengembangan ilmu agama dan ilmu umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pemikiran Yusuf al Qardhaw, Sistem Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:19
Last Modified: 30 Nov 2022 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum