PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS IV A MI MA’ARIF ARROSYIDIN PUCANG SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Arif Faizatun Aslamiyah, NIM.: 09481102 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS IV A MI MA’ARIF ARROSYIDIN PUCANG SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS IV A MI MA’ARIF ARROSYIDIN PUCANG SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS IV A MI MA’ARIF ARROSYIDIN PUCANG SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun paragraf pada siswa kelas IV A di MI Ma’arif Arrosyidin Pucang nilai yang dicapai masih rendah. Dengan Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) 65, hanya 7,14 % dari 28 siswa yang nilainya mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran belum optimal disebabkan siswa belum paham bagaimana menyusun paragraf, siswa masih senang bermain dari pada berlatih menulis paragraf, metode guru masih monoton, keterbatasan media yang digunakan. Oleh karena itu, Perlu ada upaya dari guru untuk memperbaiki pembelajaran sehingga dapat diperoleh hasil nilai siswa yang lebih baik. Dengan Media Kartu Kalimat diharapkan lebih mudah untuk mengatasi masalah yang ada dalam proses pembelajaran menyusun paragraf siswa kelas IV A MI Ma’arif Arrosyidin Pucang Secang Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang betujuan untuk mendiskripsikan dengan media kartu kalimat dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas IV A. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap tindakan terdiri dari 4 tahapan yaitu; prencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.Pembelajaran dilakanakan dengan Media Kartu Kalimat untuk menyusun paragraf. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas IV A MI Ma’arif Arrosyidin Pucang Secang Magelang. Hasil yang dicapai pada siklus I ketuntasan belajar siswa 78,57%, Sedang pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 89,29%. Kesimpulan yang dapat ditarik oleh peneliti adalah dengan Media Kartu kalimat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A MI Ma’arif Arrosyidin Pucang Secang Magelang dalam meyusun paragraf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Kartu Kalimat, Keterampilan Siswa
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 10:54
Last Modified: 30 Nov 2022 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum