UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN SISWA MELALUI METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI YAPPI KALANGAN

Ashari, NIM.: 09481081 (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN SISWA MELALUI METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI YAPPI KALANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN SISWA MELALUI METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI YAPPI KALANGAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN SISWA MELALUI METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI YAPPI KALANGAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak ditemukanya siswa yang kurang mampu dalam mengungkapkan pendapat, dan perasaannya di depan kelas. Penguasaan empat keterampilan berbahasa cenderung fokus pada keterampilan membaca dan menulis, sehingga ketermapilan berbicara kadang kurang mendapat porsi yang memadai untuk mengembangkan keterampilan berbahasa lisan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa di MI YAPPI Kalanagan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes perbuatan/proses Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan tindakan dan observasi, dan refleksi. Penilaian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dengan pedoman penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa MI YAPPI Kalangan, dengan peningkatan capaian kriteria ketuntasan minimal kemampuan berbahasa lisan siswa mencapai seratus persen. Siswa berantusias dengan metode mendongeng yang diterapkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Sedya Santosa, S.S. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berbahasa Lisan, Metode Mendongeng, Pemebelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:00
Last Modified: 30 Nov 2022 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum