PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN DI MTS NEGERI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL

Asma’ Nurul Istiqamah, NIM.: 07410221 (2012) PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN DI MTS NEGERI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN DI MTS NEGERI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN DI MTS NEGERI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini ialah bahwa kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri dan untuk bisa mencapai suatu kesuksesan, kuncinya terletak pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Oleh karena itu, sejak dini harus memperbaiki kualitas SDM agar kedepannya bisa lebih baik. Karena disiplin itu sangat penting bagi semua. Tanpa disiplin, manusia kurang berperilaku baik. Tanpa adanya kedisiplinan, sekolah akan menjadi tempat munculnya berbagai konflik dan pendidikan tidak akan berjalan lancar sesuai dengan keinginan. Penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis penanaman nilai kedisiplinan di MTs N Sumberagung, hasil yang dicapai dari pelaksanaan tersebut dan memaparkan tentang faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MTs N Sumberagung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan penanaman nilai kedisiplinan di MTs N Sumberagung sudah cukup baik, siswa yang melanggar diberikan sanksi dan dibimbing oleh guru. 2) Hasil dari penanaman nilai kedisiplinan di MTs N Sumberagung menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah melaksanakan kedisiplinan. 3) Faktor pendukung pelaksanaan penanaman nilai kedisiplinan adalah : a. Peraturan ketertiban yang baik, b. Adanya sanksi yang jelas dan pemberian poin, c. Adanya keteladanan dari guru, d. Kesadaran siswa. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu : a. Ketidak kompakan antara wali kelas dengan BK, b. Banyaknya siswa mempengaruhi tingkat kedisiplinan, c. Adanya guru yang tidak begitu peduli dengan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Afiyah, AS. M.Si
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Pendidikan Karakter, Kualitas SDM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:04
Last Modified: 30 Nov 2022 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum