UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS I DALAM MATA PELAJARAN FIQH MATERI RUKUN ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI MI MUHAMMADIYAH PROGOWATI MUNGKID MAGELANG

Aspiyah, NIM.: 09481119 (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS I DALAM MATA PELAJARAN FIQH MATERI RUKUN ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI MI MUHAMMADIYAH PROGOWATI MUNGKID MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS I DALAM MATA PELAJARAN FIQH MATERI RUKUN ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI MI MUHAMMADIYAH PROGOWATI MUNGKID MAGELANG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS I DALAM MATA PELAJARAN FIQH MATERI RUKUN ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI MI MUHAMMADIYAH PROGOWATI MUNGKID MAGELANG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Fiqh di kelas I MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Magelang masih menggunakan metode konvensional, dimana guru belum bervariasi dalam memilih dan menggunakan metode dalam pembelajaran serta guru kurang memperhatikan kebutuhan siswa. Sehingga prestasi belajar yang diraih siswa kurang maksimal. Maka dari itu Penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode card sort. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode card sort pada pembelajaran Fiqh dalam meningkatkan prestasi siswa kelas I. Subyek pada penelitian ini adalah semua siswa kelas I yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Magelang pada tanggal 3 sampai 24 Nobember 2011. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan pengumpulan data menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dapat dibuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus pertama sebesar 62,80 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 65,83. Sedangkan ketuntasan klasikalnya pada siklus pertama sebesar 48,38%, dan pada siklus kedua 80,64%. Dengan demikian penerapan metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I pada pelajaran Fiqh materi rukun Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Siswa, Pelajaran Fiqh, Metode Pembelajaran
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:06
Last Modified: 30 Nov 2022 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55304

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum