METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENURUT NOVIAN TRIWIDIA JAYA DALAM BUKU HYPNOTEACHING “BUKAN SEKEDAR MENGAJAR” DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Asri Fitrianti Mutiasari, NIM.: 07410293 (2012) METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENURUT NOVIAN TRIWIDIA JAYA DALAM BUKU HYPNOTEACHING “BUKAN SEKEDAR MENGAJAR” DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENURUT NOVIAN TRIWIDIA JAYA DALAM BUKU HYPNOTEACHING “BUKAN SEKEDAR MENGAJAR” DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENURUT NOVIAN TRIWIDIA JAYA DALAM BUKU HYPNOTEACHING “BUKAN SEKEDAR MENGAJAR” DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah minimnya metode guru dalam mengajar yang umumnya menggunakan metode yang sama dalam setiap pembelajaran. Sehingga tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memperkenalkan metode hypnoteaching yang belum banyak digunakan oleh para pendidik. Dimana metode ini merupakan cara belajar yang diharapkan menyenangkan dengan memanfaatkan pikiran bawah sadar dengan memasukkan sugesti-sugesti positif. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Anaslisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang metode hypnoteaching dalam pembelajaran kemudian menafsirkan bagaimana relevansinya terhadap pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) metode hypnoteaching bertujuan untuk menciptakan keadaan kelas yang nyaman dan kondusif sehingga siswa merasa nyaman untuk belajar. Adapun penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran secara umum itu sendiri diantaranya niat, pacing, leading, kata-kata positif, pujian, modeling. 2) Aplikasi metode Hypnoteaching dalam pendidikan agama islam jika ditinjau dari segi tujuan, yaitu sebagai upaya terbentuknya manusia yang berakhlak mulia, dari pendidik yaitu, menjadikan seorang guru agar selalu berfikir dan bersikap positif dalam menghadapi sesuatu karena pendidik sebagai teladan khususnya guru PAI supaya mudah dalam mentransformasikan nilai-nilai Qurani. Untuk terakhir relevansi yang berhubungan dengan metode bahwa metode hypnoteaching dalam penerapannya dapat disesuaikan seperti dengan metode nasehat, kisah, pembiasaan, dan tulisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, SS., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Novian Triwidia Jaya, Metode Hypnoteaching, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:09
Last Modified: 30 Nov 2022 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55305

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum