INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MTS N SLEMAN KOTA

Astri Mandona, NIM.: 08410071 (2012) INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MTS N SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MTS N SLEMAN KOTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MTS N SLEMAN KOTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa interaksi edukatif merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efisien dan efektif. Sehubungan dengan pentingnya interaksi edukatif itu maka guru harus memiliki interaksi edukatif yang baik dengan siswa sehingga siswa menjadi termotivasi dalam pembelajaran dan ikut berperan aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits di MTs N Sleman Kota dan bagaimana penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits guna meningkatkan motivasi belajar di MTs N Sleman Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi edukatif dalam pembelajaran Qur’an Hadits dan bagaimana penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits guna meningkatkan motivasi belajar di MTs N Sleman Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MTs N Sleman Kota. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang jeli, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dan akhirnya menganalisis data untuk mengetahui keabsahan dan kevalitan data, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Interaksi edukatif yang diterapkan di MTs N Sleman Kota dalam pembelajaran Qur’an Hadits yaitu dengan menginggatkan, memberi saran dan pengarahan, memberi keteladanan, dan larangan. (2) Penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadist guna meningkatkan motivasi belajar tidak lepas dari pemahaman guru terhadap siswa, tatap muka dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran, dan yang paling penting adalah adanya komunikasi yang aktif antara guru dengan siswa yang terkait dengan materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Tingginya motivasi siswa dilihat dari antusias dan aktifnya siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits. Adapun bentuk motivasi yang diterapkan dalam pembelajaran Qur’an Hadits adalah dengan memberi angka, pujian, kompetensi/persaingan, Ego-involvement, mengetahui hasil, dan hukuman kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Pembelajaran Qur’an Hadist, Motivasi Belajar
Subjects: Psikologi > Motivasi
Qur'an Hadis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:12
Last Modified: 30 Nov 2022 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum