MODEL PENDIDIKAN INKLUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Ayu Fitriana, NIM.: 08410260 (2012) MODEL PENDIDIKAN INKLUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN INKLUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN INKLUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan inklusif pada hakekatnya adalah bagaimana memahami segala kesulitan pendidikan yang dihadapi oleh peserta didik. Anak/peserta didik berkelainan misalnya, mereka mendapat kesulitan untuk mengikuti beberapa kurikulum yang ada, atau tidak mampu mengakses cara baca tulis secara normal, atau kesulitan mengakses lokasi sekolah. Dalam hal ini SMP Negeri 2 Sewon Bantul mempunyai inovasi terbaru yaitu menjadi sekolah inklusi. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Apa model pendidikan inklusi yang digunakan di SMP Negeri 2 Sewon Bantul pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan bagaimanakah pelaksanaan pendidikan inklusi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang model pendidikan inklusi yang digunakan di SMP Negeri 2 Sewon Bantul pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan bagaimanakah pelaksanaan pendidikan inklusi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola piker induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Model pendidikan inklusi yang digunakan di SMP Negeri 2 Sewon Bantul pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dilaksanakan di dalam kelas reguler pull out, dimana siswa difabel belajar bersama siswa-siswi normal sepanjang hari di kelas reguler, namun dalam waktu-waktu tertentu ditarik dari kelas reguler ke ruang sumber untuk belajar dengan guru pembimbing khusus. (2) Pelaksanaan pendidikan inklusi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sewon Bantul diantaranya adalah siswa-siswi inklusi dijadikan satu kelas reguler dengan siswa yang lain, karena bertujuan untuk menyamaratakan kemampuan mereka dengan yang lainnya, walaupun terkadang di kelas yang terdapat siswa inklusi membutuhkan beberapa kali pertemuan untuk satu kompetensi dasar. Agar lebih menarik dalam pembelajaran, biasanya diperlukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa inklusi, agar mereka tidak tertekan dalam mengikuti pembelajaran yang latar belakang mereka jelas berbeda dengan dengan siswa yang lainnya. Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sewon adalah beriman dan bertakwa kepada Allah swt, serta mampu melaksanakan ajaran agama Islam, karena Islam adalah Rahmatan Lil Alamin yaitu dilimpahkan rahmat kepada seluruh alam dan rahmat untuk seluruh umat manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Inklusi, Pengembangan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:20
Last Modified: 30 Nov 2022 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum