UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK TENTANG TATACARA BERWUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO II SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011 / 2012

Dwi Andainingsih, NIM.: 09411165 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK TENTANG TATACARA BERWUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO II SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK TENTANG TATACARA BERWUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO II SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011 / 2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK TENTANG TATACARA BERWUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO II SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2011 / 2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang maslah penelitian ini adalah bahwa pemahaman anak tentang tatacara berwudhu pada siswa kelas B di BA Aisyiyah Sudimoro II Srumbung Magelang masih belum efektif serta penyampaian guru dalam memberikan materi pembelajaran hanya dengan ceramah saja sehingga siswa merasa bosan, lelah dan tidak mau mendengarkan penjelasan guru, selain itu motivasi siswa juga kurang terbangun, dan siswa pun kurang aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman anak tentang tatacara berwudhu pada siswa kelas B di BA Aisyiyah Sudimoro II Srumbung setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar BA Aisyiyah Sudimoro II Srumbung Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat dipilih sebagai pengganti metode ceramah agar anak didik tidak merasa bosan dan mereka juga ikut berpartisipasi langsung agar mereka aktif dan mereka bisa paham dan tidak hanya mengetahui secara teori saja tetapi juga bisa mempraktekkannya. Metode demonstrasi dapat digunakan pada peningkatan pemahaman anak khususnya siswa kelas B di BA Aisyiyah Sudimoro II, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan pemahaman dan keaktifan siswa terlihat ada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, kemauan bertanya dan menjawab pertanyaan serta keikutsertaannya dalam mempraktekkan gerakan wudhu. Pada aspek keaktifan pada siklus I sebesar 50 %, kemudian pada siklus II sebesar 70 % dan pada siklus III sebesar 90 % , hal ini mengalami peningkatan sebesar 20 %. Dengan demikian pada aspek kreativitas dan pemahaman mengalami peningkatan pada setiap siklusnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi. MPd
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Belajar Wudhu, Pemahaman Anak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 14:30
Last Modified: 30 Nov 2022 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum