PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH BLONDO MUNGKID

Budi Rahman, NIM.: 09481116 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH BLONDO MUNGKID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH BLONDO MUNGKID)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH BLONDO MUNGKID)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai matematika kelas V di MI Muhammadiyah Blondo Kecamatan Mungkid masih rendah, dibawah KKM yang ditetapkan sebesar 60. Dengan demikian kebanyakan siswa masih bernilai di bawah atau kurang dari 60. Dari hasil pengamatan peneliti, proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru. Guru kurang memberi dorongan atau motifasi agar anak gemar latihan berhitung. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan hanya ceramah dan kurang memberi tugas dan latihan kepada siswa. Untuk membantu hal tersebut, supaya pelajaran matematika tidak terkesan membosankan, maka salah satu jalan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran metode diskusi kelompok. Diharapkan bahwa dengan adanya metode diskusi kelompok siswa akan senang, terangsang, tertarik dan positif terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode diskusi kelompok pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Blondo dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah Blondo Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang pada bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2011 dan subyek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas V sejumlah 22 dan guru mata pelajaran matematika. Pokok bahasan yang diambil adalah “Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah”. Sedang instrumen penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara sebagai instrumen pendukungnya. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dan masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil rata-rata evaluasi pra siklus sebesar 53,86, pada siklus I sebesar 62,82 dan pada siklus II sebesar 69,41, atau meningkat sebesar 15,55 poin. Sedangkan ketuntasan belajar perorangan pada siklus I = 45,45%, siklus II = 68,18% dan pada siklus III = 86,36%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika meningkat setelah pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Endang Sulistiyowati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Diskusi Kelompok, Metode Pembelajaran
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 13:57
Last Modified: 30 Nov 2022 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum