PENERAPAN METODE BERCERITA SECARA INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAUMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Dewi Widiyastuti, NIM.: 09411135 (2011) PENERAPAN METODE BERCERITA SECARA INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAUMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERCERITA SECARA INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAUMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA SECARA INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAUMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran Agama Islam di TK Aisyiah Bustanul Athfal Kauman Yogyakarta pada umumnya ditekankan pada aspek kognitif dan kurang memperhatikan aspek-aspek yang lain. Metode yang dipakai guru selama ini sangat monoton, kurang bervariasi hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif, kurang tertarik, kurang begitu senang, dan tidak antusias, sehingga minat belajar siswa menjadi rendah. Melihat hal ini peneliti mencoba memperbaiki keadaan tersebut dengan menerapkan metode bercerita secara inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif anatara peneliti dan guru. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Aisyiah Bustanul Athfal Kauman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, observasi, wawancara, tes dengan kuis tanyajawab dan catatan harian selama penelitian berlangsung di lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan menggunakan statistiak untuk mengungkap data, keterangan, informasi yang lengkap, jelas dan terperinci. Keabsahan data dengan teknik trianggulasi sumber dari observasi, pengamatan, dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran agama Islam, setelah menerapkan metode bercerita secara inovatif. Adapun cara yang ditempuh untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan metode bercerita secara inovatif, adalah dengan menerapkan metode tersebut selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Dari hasil prosentase minat siswa pada pra tindakan sebesar 47,86% meningkat menjadi 67,94% pada siklus I. Hasil siklus II lebih meningkat signifikan yaitu 91,3%. Dengan demikian peningkatan minat siswa secara keseluruhan adalah 43,44%. Penjngkatan minat tersebut terjadi secara bertahap dari rendah, sedang menjadi tinggi. Dari hasil prosentase tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita secara inovatif dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Minat Belajar, Pembelajaran Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 14:13
Last Modified: 30 Nov 2022 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum