PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PLAYGROUP BUDI MULIA 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Dewi Yuni Purwasari, NIM.: 07410029 (2011) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PLAYGROUP BUDI MULIA 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PLAYGROUP BUDI MULIA 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PLAYGROUP BUDI MULIA 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang, penelitian ini berdasarkan pada tujuan pendidikan yang merupakan usaha dalam pembentukan karakter secara utuh dan lebih menyangkut masalah proses dalam pembentukanya sehingga terdapat nilai-nilai karakter. Oleh karena itu seharusnya pendidikan mampu mencetak peserta didik yang tidak hanya mempunyai kecerdasan intelegensi namun diimbangi dengan kebaikan akhlaknya. Pembentukan kepribadian peserta didik melalui pembentukan karakter akan lebih efektif jika peserta didik di didik secara seimbang dan singkron antara pendidikan di sekolah dan pendidikan dirumah, yaitu perpaduan sistem yang imbang antara pendidikan di sekolah dan di rumah sehingga sangat efektif untuk membiasakan dan mempertahankan perkembangan karakter yang sudah ada didalam pribadi peserta didik. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter anak di Playgroup Budi Mulia 1 Depok Yogyakarta. Secara teoritis Playgroup Budi Mulia 1 memberikan pendidikan dan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Playgroup Budi Mulia 1 Depok Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi . Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penyimpulan data dengan metode induktif yaitu mencari data sebanyak-banyaknya lalu disimpulkan (umum-khusus) Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam pembentukan karakter anak di Playgroup Budi Mulia 1 Depok Yogyakarta diwujudkan dalam rencana kegiatan harian atau disingkat (RKH) dan pembentukan karakter melalui kegiatan sehari-hari siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rencana kegiatan harian ini merupakan panduan dan konsep pembentukan karakter anak di Playgroup Budi Muia 1 yang digunakan sebagai pedoman aktivitas siswa baik didalam kegiatan belajar maupun bermain. Metode yang digunakan dalam pembentukan karakter anak di Playgroup Budi Mulia 1 meliputi metode pembiasaan, metode bercerita, metode audio visual, metode keteladanan metode pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj Marhumah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Karakter Anak, Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 14:42
Last Modified: 30 Nov 2022 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum