PENGEMBANGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PRASEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK BATIK PPBI YOGYAKARTA

Efa Husniyah, NIM.: 08410252 (2012) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PRASEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK BATIK PPBI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PRASEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK BATIK PPBI YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PRASEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK BATIK PPBI YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah bahwa kemampuan interaksi sosial merupakan suatu proses dalam diri seseorang menuju kematangan dalam hubungan sosial. Pendidikan prasekolah sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak, usia prasekolah merupakan masa peka dimana periode ini mempunyai pengaruh yang sangat mendalam dalam pembentukan pribadi seseorang pada periode selanjutnya. perkembangan sosial anak yang melalui berbagai tahapan proses kematangan dan pembelajaran akan diperoleh manakala anak mendapat kesempatan belajar dari berbagai respon lingkungan terhadap anak. Dan hal tersebut akan lebih optimal lagi jika didukung dengan proses pembelajaran dalam lingkup yang lebih formal. Pendidikan Agama merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak prasekolah untuk menanamkan dasar nilai-nilai agama. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: apa konsep PAI yang diterapkan di TK Batik PPBI Yogyakarta, bagaimana pengembangan kemampuan interaksi sosial melalui PAI, dan apa hasil pengembangan kemampuan interaksi sosial anak prasekolah melalui PAI di TK Batik PPBI Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji konsep PAI dan hasil dari pembelajaran PAI dalam mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak prasekolah di TK Batik PPBI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK Batik PPBI Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola piker induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan: (1) konsep pembelajaran di TK Batik PPBI Yogyakarta melalui dua program yaitu pembiasaan dan kemampuan dasar. PAI diajarkan melalui pembiasaan agar tercipta generasi yang baik, sholeh dan sholehah. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan interaksi sosial anak prasekolah terbagi dalam materi ibadah, aqidah, akhlak, mahfudzot, do’a-do’a harian dan suratan pendek, yang dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membiasakan anak hidup bermasyarakat. Melalui pembelajaran tersebut diharapkan dapat membentuk anak menjadi pribadi yang berkeTuhanan yang Maha Esa dan bisa bersosialisasi dengan baik kelak ketika hidup di masyarakat. (3) PAI memberikan hasil yang sangat baik bagi kemampuan interaksi sosial anak prasekolah, konsep yang dirancang dengan baik dan pelaksanaan pembelajaran yang dirasa sangat efektif serta adanya tenaga pendidik yang kreatif dan sarana prasarana yang memadai maka PAI dikatakan berhasil dalam mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak. Keberhasilan ini terwujud dari adanya indikator yang menunjukkan adanya interaksi sosial yang baik diantara peserta didik dengan guru, teman sebaya, orang tua dan orang-orang disekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Kemampuan Interaksi Sosial, Konsep Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 14:49
Last Modified: 30 Nov 2022 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum