LAGU SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI PAI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) HARAPAN BANGSA POKOH 1, DLINGO, BANTUL

Eka Etty Septiana, NIM.: 08410049 (2012) LAGU SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI PAI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) HARAPAN BANGSA POKOH 1, DLINGO, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAGU SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI PAI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) HARAPAN BANGSA POKOH 1, DLINGO, BANTUL)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LAGU SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI PAI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) HARAPAN BANGSA POKOH 1, DLINGO, BANTUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya lagu dapat dijadikan sebagai media peningkatan daya ingat peserta didik khususnya materi Pendidikan Agama Islam. Lagu sangat diminati baik dari kalangan anak, remaja, dewasa hingga orangtua. Seorang anak bisa hafal lagu tanpa ada perintah dari siapapun untuk menghafalkannya, namun untuk materi pelajaran dia akan sulit untuk mengingatnya. Setiap anak yang lahir memiliki berbagai potensi yang perlu untuk dikembangkan. Pada usia emas seperti ini anak harus diberikan rangsanganrangsangan positif agar dapat berkembang dengan baik, cerdas dan berakhlak mulia. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk membuktikan bahwa lagu dapat dijadikan sebagai media untuk peningkatan daya ingat peserta didik. Penelitian ini dilakukan di KB Harapan Bangsa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan belajar di KB Harapan Bangsa, bagaimana pemanfaatan lagu sebagai media peningkatan daya ingat peserta didik terhadap materi PAI dan bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan lagu sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar KB Harapan Bangsa Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran KB Harapan Bangsa Pokoh 1 berlangsung selama tiga hari dalam satu minggu. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah belajar sambil bermain dan bernyanyi. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran adalah mengunakan sentra dengan empat jenis pijakan main. (2) Pemanfaatan lagu sebagai media peningkatan daya ingat peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting adanya karena memang untuk Kelompok Bermain, belajar dilakukan sambil bermain dan bernyanyi. Selain sebagai media peningkatan daya ingat, lagu juga berperan penting dalam membangkitkan semangat peserta didik untuk belajar. Namun karena usia peserta didik yang masih dini dan sedang berkembang, maka memerlukan waktu yang berulang-ulang dalam penyampaiannya agar peserta didik dapat lebih cepat menghafal dan tidak melupakannya. (3) Peserta didik memberikan respon yang baik terhadap pemanfaatan lagu sebagai media ini. Peserta didik dapat menghafal beberapa lagu hanya dalam dua atau tiga kali pertemuan saja. Ketika diberi pertanyaan terkait syair atau materi di dalam lagu, beberapa siswa juga bisa menjawab dengan baik. Namun demikian, tidak untuk peserta didik yang masih memiliki rasa malu atau takut sehingga masih harus didampingi orangtuanya. Walau di rumah mereka sudah bisa mandiri, namun ketika di sekolah mereka tidak pernah berani tampil di depan kelas untuk bernyanyi ataupun menjawab pertanyaan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil SS, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Belajar Mengajar, Media Pembelajaran, Peningkatan Daya Ingat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 14:53
Last Modified: 30 Nov 2022 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55321

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum