UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT / PEMILAHAN KARTU KELOMPOK A TK ABA KALANGAN, BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Endah Purwati, NIM.: 09411154 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT / PEMILAHAN KARTU KELOMPOK A TK ABA KALANGAN, BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT / PEMILAHAN KARTU KELOMPOK A TK ABA KALANGAN, BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT / PEMILAHAN KARTU KELOMPOK A TK ABA KALANGAN, BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran PAI siswa kelompok A TK ABA Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta ini masih rendah sehingga perlu ditingkatkan.Untuk memperbaiki motivasi belajar PAI siswa ini diterapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe card sort/pemilahan kartu.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar PAI siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe card sort/pemilahan kartu kelompok A TK ABA Kalangan. Penelitian ini bersifat naratif deskriptif di TK ABA Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang diperoleh.Dalam penelitian ini menggunakan data statistic sederhana untuk membantu dalam mengungkap data.Adapun urutan kegiatan penelitian meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran PAI masih menggunakan ceramah maupun dengan cara tradisional tanpa persiapan sebelumnya yaitu dengan memanfaatkan white board dan spidol yang ada untuk menjelaskan materi PAI. (2) Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pemilahan kartu/card sort berjalan lancar. (3) Terjadi peningkatan motivasi pembelajaran PAI siswa dari 1,621 menjadi 2,015

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Mujahid,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Metode Card Sort, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:32
Last Modified: 01 Dec 2022 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum