EFEKTIVITAS METODE SCUD MEMORY DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI MUKIM GRAHA QUR’AN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Enggar Cahyaningtyas, NIM.: 07410174 (2011) EFEKTIVITAS METODE SCUD MEMORY DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI MUKIM GRAHA QUR’AN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE SCUD MEMORY DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI MUKIM GRAHA QUR’AN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE SCUD MEMORY DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI MUKIM GRAHA QUR’AN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang penggunaan metode Scud Memory, sejauhmana efektivitasnya, serta apa saja faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan psikologi dan latar Graha Qur’an Umbulharjo, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara berpartisipasi (Partisipant Observation), wawancara secara mendalam (Indepth Interviewing), serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna atau penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode Scud Memory yang digunakan di Graha Qur’an diterapkan dengan menggunakan model Story, Numeric, Brain Gym, Association, Key Word, Mind Mapping. Efektivitas metode Scud Memory dalam menghafal Al-Qur’an diukur dari sejauhmana santri dapat merasa mudah dalam mengaplikasikannya. Apabila metode yang digunakan oleh trainer/ustadz dapat dimengerti, dipahami serta mudah untuk diaplikasikan oleh santri, maka metode yang digunakan oleh trainer/ustadz tersebut dapat dikatakan efektif. Akan tetapi sebaliknya, jika metode yang digunakan oleh trainer/ustadz kurang dapat dimengerti, dipahami serta sulit diterapkan oleh santri, maka metode tersebut dapat dikatakan kurang efektif. Metode Scud Memory dikatakan efektif untuk menghafal Al-Qur’an berdasarkan hasil wawancara medalam yang dilakukan penulis kepada 6 santri yang menggunakan metode ini setelah 3 bulan menerapakan metode Scud Memory. Mereka mengatakan lebih mudah dan tahan lama. Faktor Pendukusng Metode Scud Memory di Graha Qur’an adalah: 1) Santri Graha Qur’an yang telah dewasa secara umur dan mayoritas mahasiswa, memungkinkan pada penerapan model pendidikan orang dewasa, 2) Santri berada dalam satu komunitas, sehingga mudah untuk saling memotivasi atau menyemangati, 3) Tingkat intensitas pembelajaran yang memungkinkan Santri mukim dapat lebih mudah mengaplikasikan Metode Scud Memory, 4) Melalui pendekatan budaya dan kolektifitas, memberikan arti tersendiri bagi santri, yaitu sebagai stimulan pada proses penyadaran dan pendewasaan diri, 5) Motivasi yang besar dalam diri santri untuk bisa menjadi Hafid�ah Qur’an. Faktor Penghambat Metode Scud Memory di Graha Qur’an, yaitu: 1) Kurangnya motivasi santri dalam menyetor hafalan kepada instruktur (Pengasuh Graha Qur’an), 2) Kurangnya ketertiban santri dalam mengikuti kegiatan muraja’ah di Graha Qur’an, 3) Kurangnya kemampuan santri dalam mengatur jadwal kegiatan di Graha Qur’an dengan kegiatan luar (kampus dan tempat kerja), 4) Terdapat santri yang kecerdasan visual dan spasialnya rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Scud Memory, Menghafal Al-Qur’an, Pembelajaran Santri
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:41
Last Modified: 01 Dec 2022 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum