PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN

Erma Masruroh, NIM.: 08410161 (2012) PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII C MTs Negeri Ngemplak Sleman dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 37 siswa MTs Negeri Ngemplak Sleman. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan triangulasi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa dengan penerapan metode reward and punishment adalah: (1) Banyaknya siswa yang semakin aktif menjawab pertanyaan dan maju ke depan kelas, 2) Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik, 3) Siswa semakin semangat dalam mengerjakan tugas dari guru, (4) Siswa menjadi semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Motivasi belajar siswa juga meningkat dari hasil rata-rata perhitungan angket yaitu siklus I sebesar 73,75%, Siklus II 76,15 % dan siklus III meningkat menjadi 80,12%. Peningkatan dari semua aspek juga meningkat di tiap siklus yaitu: (1) Aspek kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran 84,45%, 88,19%, 90,27%, (2) Aspek Siswa semangat dalam menjawab pertanyaan 64,86%, 67,36%, 72,91%, (3) Aspek rasa senang siswa terhadap pelajaran 74,32%, 79,86%, 88,29%, (4) Aspek antusias siswa dalam mengikuti pelajaran 74,82%, 73,96%, 78,29%, (5) Aspek perhatian siswa dalam pembelajaran 74,32%, 74,64%, 79,16%, (6) Aspek Keaktifan siswa dalam pembelajaran 67,14%, 71,52%, 72,21%, (7) Aspek minat siswa terhadap pembelajaran 76,34%, 71,54%, 79,85%. Hasil tersebut menunjukkan bahwasanya penerapan metode reward and punishment dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII C mengalami peningkatan yaitu dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Reward and Punishment, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:49
Last Modified: 01 Dec 2022 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum