METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX D SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Eva Yuni Lestari, NIM.: 08410258 (2012) METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX D SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/ 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX D SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/ 2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX D SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/ 2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa metode mencatat kreatif hasil buah pemikiran siswa memudahkan siswa mengingat informasi yang banyak karena akan tersimpan di otak kanan. Motivasi dibutuhkan agar siswa mempunyai semangat belajar dan mau memperhatikan suatu matapelajaran. Metode ceramah kerapkali digunakan guru PAI dan media yang digunakan masih konvensional. Hal itu berdampak pada siswa dalam pembelajaran yaitu siswa kurang mampu mengikuti pelajaran PAI, banyak siswa berbincang-bincang dengan teman sebangku saat pelajaran, ada siswa yang sering meminta izin ke UKS/kamar mandi, siswa masuk kelas terlambat. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan, hasil serta faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran mind mapping guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Karangmoncol Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru PAI dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Karangmoncol. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: (1) Penerapan metode pembelajaran mind mapping guru PAI di kelas IX D SMP Negeri 1 Karangmoncol Purbalingga berjalan dengan lancar dan ditunjukkan dengan peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga. (2) Hasil penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX D SMP Negeri 1 Karangmoncol yang ditunjukkan dengan: minat siswa dalam pembelajaran PAI pada siklus I sebesar 48,7%, pada siklus II sebesar 67,1%, dan siklus III sebesar 86%, antusias dan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas pada siklus I sebesar 60,9%, pada siklus II sebesar 68%, dan siklus III sebesar 81,6%, aktivitas dan konsentrasi tinggi saat mengikuti pelajaran PAI pada siklus I sebesar 45,2%, pada siklus II sebesar 53,9%, dan pada siklus III sebesar 72,8%, respon siswa terhadap stimulan guru pada siklus I sebesar 52%, pada siklus II sebesar 64,5%, dan pada siklus III sebesar 86,5%. (3) Faktor pendukung yaitu adanya kemauan siswa mengikuti pelajaran PAI, adanya rencana pembelajaran yang jelas dan mudah dipahami siswa, sikap guru yang ramah, sabar dan profesional dalam membimbing siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya alokasi waktu, waktu pelajaran PAI berada pada jam terakhir, dan kurangnya pemanfaatan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Afiyah, AS., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 09:01
Last Modified: 01 Dec 2022 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum