IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012

Fifin Candra Arifa, NIM.: 08420047 (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan dan kontribusi program remedial dan program pengayaan sebagai upaya pencapaian ketuntasan belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPA I MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakuakn dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara operasional pelaksanaan remedial dibagi dua yaitu pelaksanaan remedial dilakukan oleh guru bidang study yang dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif), atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa (pengembangan), dan setelah diadakan ulangan harian dan pelaksanaan remedial yang dilaksanakan dari sekolah yang telah terjadwal, namun nilai siswa yang remidial tidak boleh melebihi KKM (Keriteria Ketuntasan Minimal) hal ini untuk menghormati dan menghargai siswa yang tidak remedi, sedangkan pelaksanaan program pengayaan dilaksanakan dengan cara vertikal bukan horizontal yaitu dengan cara memberikan soal, materi yang tingkatannya lebih tinggi di banding dengan siswa yang nilainya masih di bawah KKM (Keriteria Ketuntasan Minimal) dan juga menggunakan metode tutor sebaya dimana siswa yang sudah tuntas dalam belajarnya mengajarkan materi yang belum difahami oleh siswa yang belum tuntas dalam belajarnya sehingga siswa dapat lebih mendalami dan memahami materi yang telah dipelajar dan siswa menjadi lebih berkualitas. Pelaksanaan remedial dan pengayaan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi siswa yaitu nilai yang didapat siswa menjadi meningkat di banding sebelum melaksanakan remedial dan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan siswa yang diberi pengayaan sehingga siswa dapat mencapai ketuntasan dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Program Remedial, Program Pengayaan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 10:20
Last Modified: 01 Dec 2022 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum