PENDIDIKAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)

Fil Isnaeni, NIM.: 08410144 (2012) PENDIDIKAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA))
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting yang apabila dilakukan secara benar akan membawa kepada keunggulan dan kualitas akal serta kejernihan fikir. Di samping itu pada hakikatnya anak adalah generasi masa depan. Pada pundaknyalah diserahkan masa depan tanah air, karena anak sekarang adalah orang dewasa besok, dan apa yang ditanamkan sekarang akan dipetik buahnya (hasilnya) besok. Demikian halnya bagi setiap anak secara fitrah memiliki potensi yang besar dan membawa kemungkinan-kemungkinan untuk berkembang, sehingga mereka sangat memerlukan bimbingan dan arahan dari orang dewasa disekitarnya, dan sangat membutuhkan sentuhan cinta kasih sayang mereka dalam berproses menuju kstabilan emosional, intelektual dan spirit mereka. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil tafsir Al-Misbah dan Al-Azhar tehadap QS. Luqman ayat 12-19 sebagai objek. Pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan dua sumber data primer yaitu Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan Tafsir Al Azhar karya Prof. Dr. Hamka. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis) selanjutnya analisis data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran dalam QS. Luqman adalah pokok-pokok pendidikan anak yang dijadikan sumber inspirasi bagi orangtua dalam mendidik anaknya, yaitu pendidikan aqidah, pendidikan syariat dan pendidikan akhlak. Konsep pendidikan yang terkandung didalam QS. Luqman ayat 12-19 terdapat konsep syukur, konsep ketauhidan, konsep menghormati orangtua, konsep menghormati orangtua musyrik, konsep balasan akhirat, konsep tentang shalat, konsep amar ma’ruf nahi munkar dan konsep sabar, dan sikap hidup. Untuk mengimplementasikan konsep tersebut kedalam pendidikan diperlukannya sosok pendidik yang ideal, materi pengajaran yang komprehensif dengan potensi anak, dan metode yang akomodatif yaitu dengan menggunakan metode nasehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Pemikiran Hamka, Tafsir Al-Azhar, Konsep Pendidikan Anak
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 10:29
Last Modified: 01 Dec 2022 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum