UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO

Fitri Fidiyawati, NIM.: 08480004 (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika. Motivasi itu akan tumbuh dan terpelihara jika guru dapat menggunakan variasi dalam pembelajaran, baik variasi model pembelajaran maupun variasi dari media yang digunakan. Guru Matematika kelas IV MIN Sindutan kurang bisa mengaktifkan seluruh siswanya karena kelas IV yang berjumlah 29 siswa tersebut termasuk kelas besar dan guru masih menggunakan metode ekspositori. Dimana berpusat pada guru, siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Sampai saat ini masih banyak ditemui pemecahan masalah matematika hanya sekedar guru menyampaikan materi, siswa diberi soal untuk dikerjakan dan dibahas secara bersama oleh guru di depan kelas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV MIN Sindutan Temon Kulon Progo sebelum penerapan metode Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT), (2) Bagaimana penerapan metode Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran Matematika kelas IV MIN Sindutan Temon Kulon Progo, (3) Bagaimana peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran Matematika kelas IV MIN Sindutan Temon Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif yang didukung data kuantitatif. Dengan subyek penelitian siswa kelas IV MIN Sindutan Temon Kulon Progo yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Adapun kegiatan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan, yang diawali dengan kegiatan pra tindakan. (2) Setelah diterapkan metode kooperatif tipe NHT di kelas IV motivasi dan keaktifan siswa mengalami peningkatan. (3) Hasil perhitungan angket motivasi pra tindakan mencapai 62,38%, pada siklus I mencapai 71,61% dan pada siklus II mencapai 84,36%. Adapun peningkatan motivasi sebesar 21,98%. Sedangkan perhitungan angket keaktifan pra tindakan mencapai 55,04%, pada siklus I mencapai 67,81% dan pada siklus II mencapai 83,91%. Adapun peningkatan keaktifan sebesar 28,87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika MI, NHT, Motivasi, Keaktifan Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 10:39
Last Modified: 01 Dec 2022 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum