MAFHUM TA'LIM AL-QAWA'ID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJURUMIYAH WA NADZM AL FIYAH IBN MALIK (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITSU AL-MAWAD WA AL-THARIQAH

H. Muhamad AL Furqon, NIM.: 08420124 (2012) MAFHUM TA'LIM AL-QAWA'ID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJURUMIYAH WA NADZM AL FIYAH IBN MALIK (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITSU AL-MAWAD WA AL-THARIQAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAFHUM TA'LIM AL-QAWA'ID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJURUMIYAH WA NADZM AL FIYAH IBN MALIK (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITSU AL-MAWAD WA AL-THARIQAH)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MAFHUM TA'LIM AL-QAWA'ID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJURUMIYAH WA NADZM AL FIYAH IBN MALIK (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITSU AL-MAWAD WA AL-THARIQAH)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kandungan materi serta metode pengajaran yang sesuai anatara Matan Jurumiyah dan Nadzam Imrithi. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru bagi semua pihak yang mempelajari kitab tata bahasa Arab umumnya, dan khususnya bagi mereka yang mulai mengkaji tata bahasa Arab dengan menggunakan kitab Matan Jurumiyah dan Nazham al Fiyah Ibn Malik. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan dua sumber data, yaitu: kitab Matan al-Jurumiyah, Nadzam al fiyah Ibn Malik, buku al-Tarbiyah al-Islamiyyah Wa Fan al-Tadris karya 'Abdu al-wahab 'Abdu al-salam Thawilah dan kitab al-Madrasah al-Nahwiyyah karya Dr. Syawqi Dhoyf sebagai sumber data primer serta kitab Syarah al Fiyah Ibn Malik, karya Abu Faris al-Dahdah dan karya lain yang relevan dengan pembahasan dalam skripsi ini . sifat penelitian ini adalah deskriptif-komparatif dengan metode pengolahan data yang digunakan adalah metode deduktifkomparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan antara kitab Matan al-Ajurumiyah dan Nadzom al Fiyah Ibn Malik dari segi cakupan materi dan metode pengajarannya adalah masing-masing kitab mencakup materi-materi sebagai berikut: Kalam, Mu'rob dan Mabni, Fa'il, Naibul fa'il, Mubtada dan Khabar, 'Amil-amil yang masuk pada Mubtada dan Khabar, Na'at, 'Athaf, Taukid, Badal, Maf'ul bih, Mashdar, Dzaraf zaman dan Dzaraf makan, Haal, Tamyiz, Istitsna, Laa, Munada, Maf'ul min 'ajlih, Maf'ul ma'ah, Huruf jar, Mudhaf ilaih. Sedangkan perbedaan yang ada pada kedua kitab dari taksonomi komparatif adalah perbedaan yang merupakan perbedaan mendasar, yaitu: dijumpai beberapa bab dalam Nadzam al Fiyah Ibn Malik yang tidak ada pada kitab Matan Jurumiyah, diantaranya seperti: terdapat pendahuluan (muqaddimah) dan penutup (ikhtitam) dalam kitab Nadzam al Fiyah Ibn Malik. Adapun metode yang bisa diterapkan yaitu: metode deduktif (atthariqah al-Qiyasiyah), metode induktif (at-Thariqah al-Istiqraiyah) dan metode pembiasaan (at-Thariqah al Mu'adalah), dan yang paling sesuai dengan maksud isi kitab adalah metode deduktif (at-Thariqah al-Qiyasiyah) yaitu model pengajaran dengan menyajikan hal-hal umum sampai pada yang khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran, Matan Jurumiyah, Nadzam Imrithi, Kitab Tata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 10:43
Last Modified: 01 Dec 2022 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum