UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DI KELAS VB MI HIDAYATUSSIBYAN LANCAR WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Hasanudin, NIM.: 09480013-M (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DI KELAS VB MI HIDAYATUSSIBYAN LANCAR WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DI KELAS VB MI HIDAYATUSSIBYAN LANCAR WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DI KELAS VB MI HIDAYATUSSIBYAN LANCAR WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Sains dengan menggunakan alat peraga sebagai media belajar pada pokok bahasan gaya magnet di kelas V MI Hidayatussibyan Lancar Wadaslintang Wonosobo. Desain penelitian ini adalah Penelitia Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VB MI Hidayatussibyan Lancar Wadaslintang Wonosobo tahun ajaran 2011/2012. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua siklus dan sebelum siklus dilakukan diadakan pembelajaran oleh guru kelas dengan menggunakan metode ceramah yang biasa dilakukan untuk mengetahui kemampuan sebelum menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran oleh peneliti. Disetiap siklus peneliti melakukan pembelajaran yang berisi pendahuluan, inti, dan penutup, kemudian melakukan observasi dan refleksi. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil post test yang diujikan pada bagian penutup, yang mana hasil peningkatan prestasi belajar peserta didik didapat dengan membandingkan hasil post test siklus I dan II dengan post test sebelum siklus dilaksanakan. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VB MI Hidayatussibyan Lancar Wadaslintang Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012. Setelah menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sains pokok bahasan gaya magnet ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VB MI Hidayatussibyan Lancar Wadaslintang Wonosobo dengan peningkatan prestasi belajar sebesar 58,81%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Prestasi belajar, Gaya Magnet
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 11:15
Last Modified: 01 Dec 2022 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum