PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP AL-QUR’AN HADITS KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2011

Hayatul Maqi, NIM.: 09481145 (2011) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP AL-QUR’AN HADITS KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP AL-QUR’AN HADITS KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2011)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP AL-QUR’AN HADITS KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2011)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada kelas III di MI YAKTI Dlimas Tegalrejo Magelang, hal ini masih kurang efektif serta penyampaian guru mendikte siswa sehingga guru merasa lelah dan siswa merasa enggan mendengar penjelasan guru dan diam ketika mencatat, selain itu motivasi siswa juga kurang terbangun dan siswapun kurang aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan setrategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas [PTK] yang bertujuan mendiskripsikan penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran AL-Qur’an Hadits dan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa kelas III setelah metode tersebut di diterapkan . Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang MI YAKTI Dlimas Tegalrejo Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan. Wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin di ungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : [1] perencanaan [2] pelaksanaan [3] observasi dan [4] refleksi. Hasil penelitian menunjukkan metode Index Card Match efektif digunakan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits khususnya siswa kelas III MI YAKTI Dlimas, hal tersebut terbukti adanya peningkatan motivasi dan keaktifan siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasisme, dan rasa ingin tahu, bekerja sama dalam kelompok, antusisas dalam mengerjakan tugas, perhatian, kemauan bertanya, dan mengemukakan pendapat. Pada aspek motivasi siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan pos tes siklus I belum menunjukkan adanya peningkatan yang cukup berarti yaitu nilai rata-rata pos tes 66,69atau rata-rata naik 0,19%, hal ini dikarenakan siswa baru dikenalkan kartu pertanyaan dan jawaban [ index card match ]. Kemudian pada siklus II sudah menunjukkan adanya peningkatan yang signitif yaitu nilai rata-rata postes 76,9 atau 0,27%, sehimgga apabila di bandingkan antara siklus I san siklus II terjadi peningkatan rata-rata 0,25%. Karena dengan metode ini siswa mampu meningkatkan aspek penguasaan konsep pada mata pelajaran Al-Qur’an Hasits serta pembelajaran lebih efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr Abdul Munip,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match, Prestsi Belajar, Strategi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:29
Last Modified: 01 Dec 2022 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum