PENGEMBANGAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH I DEPOK

Husna Nashihin, NIM.: 07410334 (2012) PENGEMBANGAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH I DEPOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH I DEPOK)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH I DEPOK)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini didasarkan pada proses pembelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah I Depok yang belum membangkitkan motivasi belajar dan mewujudkan internalisasi nilai pada diri siswa. Pembelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah I Depok cenderung mengedepankan prestasi belajar kognitif siswa, sehingga aspek afektif siswa menjadi terabaikan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, SMP Muhammadiyah I Depok melakukan perubahan pola pembelajaran Akhlak dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diterapkan mampu membangkitkan motivasi belajar dan mewujudkan internalisasi nilai siswa, sehingga prestasi belajar Akhlak siswa meningkat. Prestasi belajar Akhlak tidak lagi hanya mengedepankan pencapaian kognitif belaka, akan tetapi juga sudah mengedepankan ranah afektif siswa. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian secara lebih mendalam mengenai pengembangan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah I Depok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Depok yang berjumlah 60 siswa, kelas VIII A sebanyak 30 siswa dan kelas VIII B sebanyak 30 siswa. Uji validitas dan reliabilitas data dilakukan dengan tehnik sampling. Penghitungan validitas dan reliabilitas data dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisis validitas instrumen menunjukan bahwa 30 butir angket yang diujikan kepada 29 siswa, 20 butir terbukti valid dengan taraf kesalahan 5%. Uji reliabilitas data yang dilakukan menunjukan koefisien reliabilitas sebesar 0,7403 dan dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Akhlak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Depok sudah dapat meningkatkan motivasi, kualitas pembelajaran dan mewujudkan internalisasi nilai pada siswa. Uji SPSS terhadap nilai ulangan harian siswa dari sebelum dan sesudah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukan taraf signifikan sebesar 0,052 pada kelas VIII A dan 0,054 pada kelas VIII B. Kedua angka tersebut berada di atas α sebesar 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Akhlak dapat meningkatkan prestasi belajar Akhlak siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah I Depok secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar, Akhlak Siswa
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:40
Last Modified: 01 Dec 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum