PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Ida Lestari, NIM.: 09481142 (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah bahwa dalam pembelajaran Matematika pada kelas V di MI Muhammadiyah Surodadi 2 Sawangan Magelang ini masih kurang demokratis yang akibatnya siswa kurang leluasa mengembangkan pikiran dan gagasannya. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika ke dalam kehidupan riil. Hal lain yang menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna. Guru tidak mengaitkan dengan skema anak yang telah dimiliki siswa dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Surodadi 2 Sawangan Magelang. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Muhammmadaiyah Surodadi 2 Sawangan yang berjumlah 13 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi guru, lembar observasi siswa, angket siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan Matematika Realistik prestasi belajar matematika khususnya kelas V mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil prestasi dari sebelum tindakan sampai diadakannya tindakan. Hasil pra siklus diperoleh rata-rata 6

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode Matematika Realistik
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:43
Last Modified: 01 Dec 2022 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum