RELEVANSI METODE BELAJAR DALAM BUKU “JENIUS TAK HARUS KULIAH: PANDUAN BELAJAR BAGI SIAPAPUN ANDA” DENGAN METODE BELAJAR MENURUT ISLAM

Ifah Nur Lailiyah, NIM.: 08410090 (2012) RELEVANSI METODE BELAJAR DALAM BUKU “JENIUS TAK HARUS KULIAH: PANDUAN BELAJAR BAGI SIAPAPUN ANDA” DENGAN METODE BELAJAR MENURUT ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI METODE BELAJAR DALAM BUKU “JENIUS TAK HARUS KULIAH: PANDUAN BELAJAR BAGI SIAPAPUN ANDA” DENGAN METODE BELAJAR MENURUT ISLAM)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI METODE BELAJAR DALAM BUKU “JENIUS TAK HARUS KULIAH: PANDUAN BELAJAR BAGI SIAPAPUN ANDA” DENGAN METODE BELAJAR MENURUT ISLAM)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari atas suatu asumsi bahwa pemahaman seseorang atas kewajiban belajar tidak berbanding lurus dengan pemahaman terkait cara yang digunakan. Padahal sesungguhnya, metode belajarlah yang sangat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode belajar yang dibahas dalam buku Jenius Tak Harus Kuliah dan relevansinya dengan metode belajar menurut Islam. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif bagi dunia pendidikan, khususnya mengenai metode belajar Islami yang bersifat praktis. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filsafat pendidikan. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis), dengan fokus kajian yang dibahas dalam penelitian ini adalah metode belajar ditinjau dari perspektif Islam, yang dalam hal ini mengambil subjek buku Jenius Tak Harus Kuliah: Panduan Belajar Bagi Siapapun Anda karya Achmad Mufid A.R. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Secara keseluruhan, karakteristik metode belajar dalam buku Jenius Tak Harus Kuliah adalah Religious-Psychology, yaitu metode belajar yang lebih menekankan pada keadaan jiwa dan pengembangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu dengan memperhatikan aspek-aspek religiusitas bahwa manusia adalah hamba Allah swt. Adapun metode belajar yang disebutkan ada empat belas, yaitu: memurnikan jiwa (niat), mempersiapkan bahan bacaan, mengoptimalkan waktu malam, meneliti apa yang telah dipahami, melakukan sesuatu dengan penuh kasih sayang, berusaha, memahami waktu, bersama kesunyian, sabar dan terus bergerak, berdialog, syukur atau berterima kasih, mawas diri. 2) Relevansi metode belajar yang terdapat dalam buku Jenius Tak Harus Kuliah dengan metode belajar menurut Islam, tergambar pada tiga tahapan. Tahapan awal meliputi, niat hanya mengharap ridho Allah swt., mempersiapkan bahan bacaan, dan menentukan waktu belajar. Tahapan kedua adalah tahapan inti yang meliputi, membaca, memahami dan merenungkan apa yang sudah dibaca, meneliti dan mensharekan apa yang sudah dipahami, melakukan uji kelayakan, dan melakukan evaluasi. Sedangkan tahapan ketiga, atau tahap akhir meliputi, bersyukur, mawas diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar, Buku Jenius Tak Harus Kuliah, Achmad Mufid A.R.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:46
Last Modified: 01 Dec 2022 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55355

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum