PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PEMAHAMAN MATERI BERCERITA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI AL ISLAM TEMPEL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Ihsan Rofiqi, NIM.: 09481070-DMS (2011) PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PEMAHAMAN MATERI BERCERITA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI AL ISLAM TEMPEL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PEMAHAMAN MATERI BERCERITA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI AL ISLAM TEMPEL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PEMAHAMAN MATERI BERCERITA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI AL ISLAM TEMPEL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Perhatian Dan Pemahaman Materi Bercerita Bahasa Indonesia Kelas VI MI Al Islam Tempel.Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pandidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011 Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI di MI Al Islam Tempel diajarkan materi bercerita. Akan tetapi selama ini strategi yang dipakai dalam pembelajaran kurang dikembangkan, sehingga muncul permasalahan yang terjadi untuk penyampaian materi bercerita selain monoton tampilannya terkesan ala kadarnya bahkan cenderung membosankan tanpa ada makna yang diambil dari cerita itu sendiri. Siswa kurang perhatian dan kurang memahami isi cerita, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang asyik bermain ballpoint, kertas ataupun tempat pensil, ada yang berbicara dengan temannya ada pula yang asyik corat-coret pada bukunya, bahkan mengganggu teman yang lain. Maka dari itu diperlukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Multi Media yang bertujuan untuk meningkatkan perhatian dan pemahaman materi bercerita kelas VI setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Al Islam Tempel, Jl. Magelang KM. 17 Ngosid Margorejo Tempel Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi tindakan kelas dengan penggunaan multimedia dapat meningkatkan perhatian dan pemahaman cerita. Untuk langkah-langkah penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan : penggunaan multimedia efektif dapat meningkatkan perhatian dan pemahaman cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI MI Al Islam Tempel, dengan dibuktikanya adanya peningkatan antusiasme, motivasi, senang, perhatian, rasa ingin tahu, menyimak dengan baik, memahami materi cerita, semangat mengerjakan tugas, berani bertanya dan mengemukakan pendapat. Hasil tes pra siklus I sebesar 59.%, kemudian setelah diadakan penelitian siklus I menunjukkan hasil sebesar 69 % , dan setelah siklus II sebesar 88%, maka persentase nilai ketuntasan belajar siswa dalam hal ini ada peningkatan 29 %. Jadi dengan multimedia dapat meningkatkan perhatian dan pemahaman cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sedyo Santosa, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Medai Pembelajaran, Multimedia, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Materi Bercerita
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:49
Last Modified: 01 Dec 2022 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum