UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI WIYOKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Ika Anis Munisah, NIM.: 09481093 (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI WIYOKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI WIYOKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI WIYOKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko, Yogyakarta pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko yang berjumlah 9 anak, yang terdiri dari 1 anak perempuan dan 8 anak laki–laki. Sedangkan obyek akan diteliti adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pembagian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan tes. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskripsi kuantitatif deskripsi kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: Hasil belajar Matematika terjadi peningkatan mengenai jumlah siswa yang berhasil mencapai ketuntasan dalam mata pelajaran Matematika. Jumlah siswa kelas IV yang mendapat nilai tuntas 55,56% sebelum menggunakan metode STAD, meningkat menjadi 77,78% setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD Siklus I dan 100% mencapai ketuntasan setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus II. Adanya peningkatan mengenai nilai rata-rata kelas dalam mata pelajaran Matematika kelas IV dari 62,22 sebelum menggunakan metode STAD, meningkat menjadi 64,06 setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus I dan 78,47 setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus II. Dan terlihat bahwa jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan mengalami pengurangan tiap siklus. Sebelum siklus terdapat 44,44% yang belum tuntas, menjadi 22,22% setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus I dan 0 % setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sri Sumarni, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD (Student Teams Achievement Divisions), Pembelajaran Matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:57
Last Modified: 01 Dec 2022 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum