METODE HALAQAH DI WAHDAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA

Irpan Supriatna, NIM.: 07410023 (2012) METODE HALAQAH DI WAHDAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE HALAQAH DI WAHDAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE HALAQAH DI WAHDAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang yang diangkat oleh penulis pada penelitian ini, pandangan penulis terhadap Wahdah Islamiyah Yogyakarta sebagai sebuah cabang dari ormas Islam Wahdah Islamiyah Makassar cukup berhasil dalam mengembangkan metode pembelajaran agama Islam dengan metode halaqah di era globalisasi. Era globalisasi selain memiliki dampak positif dengan majunya IPTEK juga memiliki dampak negatif yang di antaranya, ketidakpedulian masyarakat terhadap ajaran agamanya, merosotnya akhlaq dan moral masyarakat, serta lunturnya karakter bangsa terutama generasi muda. Metode halaqah di Wahdah Islamiyah Yogyakarta memiliki karakteristik: 1. Pendidikan (tarbiyah) yang dilakukan oleh Wahdah Islamiyah Yogyakarta memberikan perhatian besar terhadap pembinaan generasi muda. 2. Pendidikan (tarbiyah) yang dilakukan oleh Wahdah Islamiyah Yogyakarta identik dengan pembinaan Akidah Islam/Tauhid, Iman, Akhlaq dan Amal Shaleh. 3. Metode pembelajaran halaqah cukup efektif sebagai sarana dalam mengajarkan ajaran agama Islam dan pembentukan Akhlaqul karimah di tengah masyarakat di era globalisasi sekarang ini , 4. Sistem pembelajaran dengan metode halaqah yang dikembangkan oleh Wahdah Islamiyah merupakan sistem pembelajaran dengan sistem marhalah/tingkatan yang dirancang sebagai sarana pembelajaran seumur hidup dalam rangka membentuk muslim yang paripurna. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan dokumentasi, di dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan filsafat pendidikan Islam untuk melakukan analisis data yang didapat dari pelaku pendidikan yang sedang terlibat dalam pembelajaran agama Islam dengan metode halaqah di Wahdah Islamiyah Yogyakarta. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Trianggulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode pembelajaran halaqah yang dikembangkan oleh Wahdah Islamiyah Yogyakarta memperhatikan tingkatan kompetensi dari peserta didiknya sehingga pembelajaran disusun dengan jenjang tingkatan, selain itu pembelajaran halaqah di Wahdah Islamiyah sesuai dengan sistem pendidikan Islam sehingga dapat dijadikan alternatif pembelajaran agama Islam. Tetapi masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan oleh Wahdah Islamiyah Yogyakarta dalam pembinaan berkelanjutan kepada peserta didiknya. Harus ada upaya-upaya yang dilakukan supaya peserta didik tidak jenuh dan mengakibatkan berhenti dari aktivitas Tarbiyah Islamiyah ini. Namun, dari upaya yang telah dilakukan Wahdah Islamiyah Yogyakarta dalam mempertahankan dan membina peserta didik sudah mampu menunjukan eksistensi metode pembelajaran halaqah dalam pengembangan pembelajaran Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Halaqah, Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Halaqah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 15:07
Last Modified: 01 Dec 2022 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55360

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum