PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN BUKU: “MENDIDIK ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN, KADO BUAT PENGANTIN BARU, CALON IBU DAN IBU HAMIL”, KARYA DR. MANSUR, M.A)

Istighfaroh, NIM.: 08410203 (2012) PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN BUKU: “MENDIDIK ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN, KADO BUAT PENGANTIN BARU, CALON IBU DAN IBU HAMIL”, KARYA DR. MANSUR, M.A). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN BUKU: “MENDIDIK ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN, KADO BUAT PENGANTIN BARU, CALON IBU DAN IBU HAMIL”, KARYA DR. MANSUR, M.A))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN BUKU: “MENDIDIK ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN, KADO BUAT PENGANTIN BARU, CALON IBU DAN IBU HAMIL”, KARYA DR. MANSUR, M.A))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini banyak para orang tua hanya memperhatikan satu sisi saat mengandung yaitu hanya dari sisi kesehatan saja, baik kesehatan ibu maupun janinnya. Jika kita menginginkan lahirnya seorang anak yang shaleh dan shalehah maka kita harus memperhatikan pendidikannya sejak dalam kandungan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendidikan Islam. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam peneletian ini adalah analisis deskriptif. Dalam model ini analisisnya adalah menggunakan analisis isi (contect analysis), dalam hal ini penulis akan menganalisis tentang Pendidikan Prenatal dalam Perspektif Pendidikan Islam, kajian buku “Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Kado buat Pengantin Baru, Calon Ibu dan Ibu Hamil,”Karya Dr. Mansur, M.A. Menurut Islam pendidikan anak dimulai ketika anak tersebut masih dalam kandungan ibunya, atau bahkan semenjak seorang suami memilih calon istrinya. Melalui perawatan anak dalam kandungan atau sebelum lahir secara intensif diharapkan akan ada peningkatan kualitas sifat-sifat bawaan atau keturunan, untuk memperbaiki hal tersebut perlu sekali akan keterlibatan calon orang tua yakni ayah dan terutama ibu yang sedang hamil. Pendidikan anak sangat diupayakan sedini mungkin diharapkan agar kelak menjadi investasi unggul bagi generasi yang akan datang. Metode mendidik anak dalam kandungan diterapkan melalui ibu yang sedang mengandung. Materi mendidik anak dalam kandungan disesuaikan dengan background atau latar belakang pendidikan orang tuanya. Jadi semua materi pelajaran agama Islam, dapat dijadikan materi dalam pendidikan anak dalam kandungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Prenatal, Pendidikan Islam, Konsep Dr. Mansur
Subjects: Islam dan Pemikiran
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 15:13
Last Modified: 01 Dec 2022 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum