METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA MATERI HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN DI KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Jabat Wahyu Hidayat, NIM.: 09480004-M (2012) METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA MATERI HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN DI KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA MATERI HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN DI KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA MATERI HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN DI KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SIDANEGARA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Sains dengan menggunakan metode eksperimen pada materi hubungan makanan dan kesehatan di kelas VA MI Negeri Sidanegara Cilacap. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA MI Negeri Sidanegara Cilacap tahun ajaran 2011/2012. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua siklus dan sebelum siklus dilakukan diadakan pra siklus oleh guru kelas untuk mengetahui kemampuan sebelum menggunakan metode eksperimen oleh peneliti. Pada tiap siklus peneliti melakukan langkah-langkah diantaranya pembelajaran yang berisi pendahuluan, inti, dan penutup, kemudian melakukan observasi dan refleksi. Data peningkatan prestasi belajar peserta didik di dapat dari soal post test, yang mana hasil peningkatan prestasi belajar peserta didik didapat dengan menggunakan perbandingan, yakni membandingkan hasil post test siklus I dan II dengan post test Pra siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sains materi hubungan makanan dan kesehatan dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VA MI Negeri Sidanegara Cilacap tahun pelajaran 2011/2012. Prestasi belajar mengalami peningkatan,yaitu pada pra siklus nilai rata-rata post test didapat 57,06 dengan presentase ketuntasan sebesar 23,53%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata post test didapat 66,47 dengan presentase ketuntasan sebesar 52,94%. Setelah dilakukan siklus II nilai rata-rata post test didapat 73,53 dengan presentase ketuntasan sebesat 94,12%. Jika nilai post test siklus I dan II dirata-rata kemudian dibandingkan dengan nilai post test pra siklus maka prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,94 dan ketuntasan belajar sebesar 50,00%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Prestasi Belajar, Pembelajaran Sains
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
AGAMA - SAINS - BUDAYA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:51
Last Modified: 05 Dec 2022 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55369

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum