PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)

Jani Nurfudin, NIM.: 08420097 (2012) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA))
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara nilai hasil penguasaan mufradat kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan media permainan kartu kuartet) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan media permainan kartu kuartet ) pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 180 siswa yang terdiri dari lima kelas. Dan pengambilan sampelnya dengan memberikan pre-test pada kelima kelas tersebut guna mendapatkan dua kelompok sampel yang seimbang dari segi kognitif, situasi dan kondisinya. Untuk sampel yang diambil berjumlah dua kelas, yaitu kelas VIII A dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrument dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan sebuah rumus. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran, dan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus F. analisis data menggunakan rumus uji “t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal penguasaan mufradat antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 77.27, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-testi sebesar 73.27. Kemudian dari rata-rata peningkatan penguasaan mufradat tersebut, kelompok eksperimen menunjukan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 8.67, sedangkan kelompok kontrol sebesar 5,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan media permainan kartu kuartet dalam pembelajaran mufradat dengan kelas yang tanpa menggunakan media permainan karutu kuartet mempunya perbedaan yang signifikan. Sehingga Media Kartu Kuartet ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Permainan, Media Pembelakartan Kartu Kuartet, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2022 09:09
Last Modified: 05 Dec 2022 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum