PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA PAUD KELOMPOK A1 TK BA ‘AISYIYAH KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Khadziq Maarif, NIM.: 07410089 (2012) PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA PAUD KELOMPOK A1 TK BA ‘AISYIYAH KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA PAUD KELOMPOK A1 TK BA ‘AISYIYAH KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA PAUD KELOMPOK A1 TK BA ‘AISYIYAH KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa kelompol A1 dalam pembelajaran huruf hijaiyah yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang maksimal, sehingga suasana belajar menjadi membosankan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam hal pemahaman konsep serta penulisan huruf hijaiyah siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan media flash card untuk meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah siswa PAUD kelompok A1 TK BA ‘Aisyiyah Kalinegoro Mertoyudan Magelang. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar tempat di TK BA ‘Aisyiyah Kalinegoro Mertoyudan Magelang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep huruf hijaiyah siswa melalui tindakan yang dilakukan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Pemanfaatkan media flash card menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa terutama pada pembelajaran huruf hijaiyah di kelas A1 TK BA ‘Aisyiyah Kalinegoro, Mertoyudan, Magelang. Hal ini ditandai dengan adanya ketertarikan siswa ketika mengikuti pembelajaran. Selain itu juga guru kelas A1 mahir dalam memanfaatkan media flash card sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik pada pembelajaran huruf hijaiyah yang dipandu oleh guru. b) Peningkatan pemahaman siswa setelah tindakan dinyatakan berhasil. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan persentase antara sebelum dan sesudah digunakan media flash card. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui hasil evaluasi siswa. Pada pemahaman konsep sebelum tindakan sebesar 25,71%, kemudian setelah dilakukan tindakan menjadi 88,57%. Pada kemampuan menulis huruf sebelum tindakan sebesar 18,57% kemudian setelah dilakukan tindakan menjadi 85%. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yakni 85%. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media flash card dapat meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah siswa PAUD kelompok A1 TK BA ‘Aisyiyah Kalinegoro Mertoyudan Magelang Tahun Ajaran 2011-2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card, Pembelajaran Huruf Hijaiyah, Siswa PAUD
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2022 09:32
Last Modified: 05 Dec 2022 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum