Implementing The Values of Peace and a Championship Attitude in Forming The Charakter of Student For TKA - TPA AMM Kotagede Yogyakarta

Syahrul Fauzi, - and Subiyantoro, - and Nidaul Fajrin, - and Mufthi Alam, - (2022) Implementing The Values of Peace and a Championship Attitude in Forming The Charakter of Student For TKA - TPA AMM Kotagede Yogyakarta. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 11 (1). pp. 33-42. ISSN ISSN: 2528-5092 (Online) 1411-8173 (Print)

[img]
Preview
Text (Implementing The Values of Peace and a Championship Attitude in Forming The Charakter of Student For TKA - TPA AMM Kotagede Yk)
Implementing The Values of Peace and a Championship Attitude in Forming The C.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1670291927.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai damai dan sikap juara pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif yang bertempat di TKA-TPA AMM Kotagede Yogyakarta, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai perdamaian dimulai dari sesuatu yang kecil, yaitu menciptakan kedamaian di dalam kelas. Memang dengan ketenangan akan ada rasa damai, maka dari itu terdengar istilah “jarum jatuh kedengaran”. Berkomunikasi menggunakan bahasa yang baik dan intonasi yang lembut kepada siapa saja, menghargai orang yang berbicara di depan kelas. Upaya menanamkan sikap juara pada santri TKA-TPA AMM dengan memberikan bintang secara tertulis di papan tulis, bintang tersebut diperuntukkan bagi siswa yang memiliki keberanian untuk maju kedepan menghafal hafalan yang telah diberikan, upaya selanjutnya memberikan tepuk tangan kepada siswa yang telah berani tampil di depan kelas dengan tujuan agar siswa lain terpancing dan antusias untuk berdiri di depan banyak orang. Melakukan evaluasi setiap bulan bertujuan untuk mengetahui prestasi siswa serta batas kemampuan mereka serta mengadakan Penilaian Akhir Semester (PAS) sebagai salah satu laporan dari lembaga kepada wali santri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai Kedamaian; Sikap Juara; Membangun Karakter.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 06 Dec 2022 09:06
Last Modified: 06 Dec 2022 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum