UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENERAPKAN STRATEGI STUDY BY SINGING DI KELAS V MI IMAM PURO DADIREJO BAGELAN PURWOREJO

Khanifudin, NIM.: 09481009 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENERAPKAN STRATEGI STUDY BY SINGING DI KELAS V MI IMAM PURO DADIREJO BAGELAN PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENERAPKAN STRATEGI STUDY BY SINGING DI KELAS V MI IMAM PURO DADIREJO BAGELAN PURWOREJO)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENERAPKAN STRATEGI STUDY BY SINGING DI KELAS V MI IMAM PURO DADIREJO BAGELAN PURWOREJO)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran bahasa arab di MI Imampuro Dadirejo, terkesan jemu dan membosankan terhadap anak-anak sehingga mengakibatkan anak malas mengikuti pelajaran dengan berbagai alasan, karena masih menggunakan strategi pembelajaran yang monoton, sehingga siswa kurang aktif dan kurang terbangun minatnya. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi "Study by singing"dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap bahasa arab kelas V MI Imampuro, Dadirejo setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian in bersifat kualitatif dengan mengambi1 latar belakang MI Imampuro, Dadirejo, Bagelen, Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, Dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik gabungan dari berbagai sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : strategi "Study By Singing"efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Arab di MI Imampuro Dadirejo, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan minat belajar siswa yang terlihat pada siswa yang datang lebih awal, senang duduk di depan, aktif bertanya, dan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Minat belajar siswa pada siklus I : sebesar 60 %. Pada siklus II 90 %, hal ini mengalami peningkatan sebesar 30 %. Dengan demikian minat belajar siswa terhadap Bahasa Arab mengalami peningkatan disetiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Dec 2022 11:18
Last Modified: 06 Dec 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum