UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI QUIZ TEAM KELAS VIII A MTs N GONDOWULUNG SEWON BANTUL

Kholid Udin, NIM.: 07410191 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI QUIZ TEAM KELAS VIII A MTs N GONDOWULUNG SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI QUIZ TEAM KELAS VIII A MTs N GONDOWULUNG SEWON BANTUL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI QUIZ TEAM KELAS VIII A MTs N GONDOWULUNG SEWON BANTUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran, siswa kurang bersemangat dan terlihat jenuh ketika mengikuti pelajaran sejarah kebudayaan islam. Padahal keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran akan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi Quiz Team pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII A setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MTsN Gondowulung Sewon Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana yang berupa angka yang diperoleh dari hasil observasi keaktifan siswa pada saat pembelajaran untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). keaktifan siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII A MTsN Gondowulung Sewon Bantul sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) Penerapan strategi Quiz Team pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII A MTsN Gondowulung Sewon Bantul dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan strategi Quiz Team berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku peserta didik secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan strategi Quiz Team cukup signifikan. Peningkatan keaktifan siswa terlihat pada perhatian siswa terhadap penjelasan guru, berani bertanya, berpendapat, bersemangat ketika berdiskusi, antusias dalam mengerjakan tugas, memperhatikan siswa lain yang sedang memainkan kuis, kemauan menjawab pertanyaan, berani menampilkan gagasan / ide ketika memainkan prosedur, mencatat materi pelajaran, membaca materi, dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Keaktifan siswa dilihat dari hasil observasi awal sebesar 31,48% yang masuk dalam kategori rendah, pada siklus I keaktifan peserta didik menjadi sebesar 53,70% yang masuk dalam kategori sedang, pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 64,81%, dan pada siklus III menjadi sebesar 79,63% yang masuk dalam kategori tinggi. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori rendah, sedang, dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Strategi Quiz Team, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Dec 2022 11:23
Last Modified: 06 Dec 2022 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum