EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT NU JUMOYO 4 SALAM KABUPATEN MAGELANG

Kuntari, NIM.: 09481163 (2011) EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT NU JUMOYO 4 SALAM KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT NU JUMOYO 4 SALAM KABUPATEN MAGELANG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT NU JUMOYO 4 SALAM KABUPATEN MAGELANG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran menghafal kosa kata bahasa Arab pada Raudhotul Athfal Jumoyo 4 Salam, Kabupaten Magelang masih kurang efektif serta pendekatan pembelajaran pada saat ini belum tepat. Maka dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan penerapan permainan kartu gambar bahasa Arab di mana dalam penerapan metode ini membuat sedemikian menarik supaya dapat membangkitkan minat belajar, kemauan dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar Raudhotul Athfal Jumoyo 4 Salam. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus. Adapun urutan kegiatan penelitian pada tiap-tiap siklus mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : metode permainan kartu gambar bahasa Arab efektif digunakan pada pembelajaran menghafal kosa kata bahasa Arab khususnya pada siswa Raudhotul Athfal Jumoyo 4, Salam. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan siswa yang terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, kemauan bertanya, menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas. Pada saat sebelum dilakukan tindakan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 50%. Setelah dilaksanakan siklus pertama ketuntasan belajarnya naik menjadi 61,53%. Sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan ketuntasan belajar yang signifikan yaitu mencapai 88,46%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode permainan kartu gambar bahasa Arab pada pembelajaran menghafal kosa kata bahasa Arab dapat meningkatkan hasil belajar siswa Raudhotul Athfal Jumoyo 4 Salam, Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawar Kholil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Permainan Kartu Gambar
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Dec 2022 11:33
Last Modified: 06 Dec 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum