PENERAPAN PERMAINAN GAMPARAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP ALI MAKSUM BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM KRAPYAK YOGYAKARTA

Lisa Handayani, NIM.: 08410158 (2012) PENERAPAN PERMAINAN GAMPARAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP ALI MAKSUM BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PERMAINAN GAMPARAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP ALI MAKSUM BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PERMAINAN GAMPARAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP ALI MAKSUM BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya keprihatinan terhadap permainan tradisional yang mulai ditinggalkan, padahal permainan tradisional bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan inovasi pembelajaran di dunia pendidikan agar pembelajaran berlangsung secara aktif dan menyenangkan. Namun kenyataannya, pembelajaran PAI yang diterapkan di kelas VII B SMP Ali Maksum Bilingual-Islamic Boarding School System Krapyak Yogyakarta berjalan monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga tidak sepenuhnya siswa tertarik mengikuti pembelajaran. Ini menyebabkan pencapaian tujuan pembelajaran tidak benar-benar maksimal karena tidak semua siswa di kelas tersebut memiliki motivasi yang baik. Untuk membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, agar seluruh siswa tertarik mengikuti pembelajaran dilakukanlah penerapan permaian tradisional gamparan. Adapun pembahasan penelitian ini mengenai motivasi siswa pra tindakan, pelaksanaan tindakan, dan motivasi siswa setelah tindakan. Penelitian ini bertujuan mengungkap ada tidaknya peningkatkan motivasi belajar siswa kelas dengan menerapkan permainan gamparan dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan sebanyak tiga siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan, dan terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP yang berjumlah 21 siswa. Obyek penelitiannya adalah keseluruhan proses pelaksanaan pembelajaran PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pemeriksaan kabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Motivasi siswa pra tindakan adalah cukup baik, dengan indikator minat dan perhatian siswa sebesar 75%, semangat siswa untuk melakukan tugas belajar 77,8%, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas 75,9%, reaksi yang ditunjukkan terhadap stimulus 73,3%, dan rasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas sebesar 73,8%. 2) Motivasi siswa setelah dilakukan tindakan berangsur meningkat menjadi baik di setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator yang ada yaitu: minat dan perhatian siswa pada siklus I sebesar 78,4%, siklus II sebesar 85,4%, siklus III sebesar 86,3%, semangat siswa untuk melakukan tugas-tugas belajarnya pada siklus I sebesar 83,3%, siklus II sebesar 85,7 %, dan siklus III sebesar 86,5%, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas siklus I sebesar 86,9%, siklus II sebesar 88%, dan siklus III sebesar 88,9%, reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus siklus I sebesar 79,5%, siklus II sebesar 85,5%, dan siklus III sebesar 87,1%, rasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas yang diberikan siklus I sebesar 80,9%, siklus II sebesar 81,5%, dan siklus III sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Permainan Gamparan, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Dec 2022 11:42
Last Modified: 06 Dec 2022 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum