MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS XI BAHASA DI MAN CIREBON 1 (TINJAUAN PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN)

Lusiana Dewi, NIM.: 08420163 (2012) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS XI BAHASA DI MAN CIREBON 1 (TINJAUAN PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS XI BAHASA DI MAN CIREBON 1 (TINJAUAN PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS XI BAHASA DI MAN CIREBON 1 (TINJAUAN PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab (bahasa asing) pada kelas XI Bahasa yang ditinjau dari perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran atau informasi bagi lembaga pendidikan, bagi pihak-pihak yang memiliki tanggung jawab pendidikan baik guru, kepala sekolah maupun siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab (bahasa asing) kelas XI Bahasa, siswa-siswi kelas XI Bahasa MAN Cirebon 1 yang berjumlah 28 siswa, dan karyawan serta kepala MAN Cirebon 1. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman analisis dokumen, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab (bahasa asing) di kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Negeri Cirebon 1 (tinjauan perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran), secara umum dapat dikatakan cukup baik karena komponen perencanaan sudah terpenuhi, dan pendekatan serta strategi pembelajaran yang humanis yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun kekurangannya adalah buku belum sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) karena buku yang digunakan masih kurikulum 1994, analisis tujuan pembelajaran tidak terpisah dari silabus dan RPP, dan kurangnya pemanfaatan media elektronik seperti laboratorium bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Pengorganisasian Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Dec 2022 11:47
Last Modified: 06 Dec 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum